Menentukan jurusan untuk kuliah memang dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari biaya, kualitas, hingga prospek ke depan setelah lulus dari jurusan tersebut. Sebenarnya apa saja hal yang perlu diketahui untuk menentukan jurusan studi agar tidak sampai salah pilih. Nah bagi Milk Lovers yang sedang mencari-cari perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan, berikut ini adalah beberapa trik agar tidak salah memilih jurusan saat kuliah.

Kemampuan

Pilihlah jurusan kuliah di bidang yang dikuasai. Hindari mengambil resiko memilih jurusan hanya karena gengsi, ikut-ikutan pacar, atau karena hal konyol lainnya. Bila Milk Lovers mempunyai keahlian di bidang teknologi, maka jangan ragu memilih jurusan elektronik atau sistem informasi. Dengan memilih jurusan yang sesuai kemampuan, Milk Lovers tentu akan merasa senang melewati hari – hari saat kuliah. Ketika senang, IP tinggi pasti juga akan lebih mudah untuk didapat.

Minat dan Ketertarikan

Banyak orang mengambil jurusan berdasarkan prospek pekerjaan di masa depan dari jurusan studi itu. Tetapi, jangan lupa bahwa hal terpenting dan mendasar saat menentukan jurusan kuliah adalah ketertarikan dan minat Milk Lovers di bidang tersebut. Bila Milk Lovers sudah mempunyai ketertarikan dengan bidang itu, maka sesulit-sulitnya kondisi yang terjadi, Milk Lovers masih mampu untuk melewatinya dengan perasaan senang dan bangga. 

Biaya

Mungkin ini menjadi salah satu faktor yang tidak dapat disangkal dan wajib diperhitungkan saat memilih jurusan studi kuliah. Milk Lovers perlu menghitung apakah nantinya sanggup membiaya kuliah di universitas tersebut atau tidak. Apalagi bila Milk Lovers memilih kos, tentu biaya hidup di kos juga penting dipertimbangkan. Tetapi ingat, uang bukan segalanya; Milk Lovers dapat mencari kemungkinan mendapat beasiswa untuk meringankan biaya pendidikan.

Komitmen

Seberapa jauh Milk Lovers berkomitmen pada jurusan studi tersebut? Apakah yakin ingin mengorbankan waktu untuk mempelajari ilmu tersebut? Pastikan Milk Lovers akan selalu komitmen sebelum memilih jurusan.

Nilai-nilai yang Dianut

Nilai yang dimaksud di sini adalah nilai yang berkaitan dengan kemanusiaan, sosial, dan religius. Dengan kata lain panggilan jiwa, Milk Lovers mungkin mempunyai panggilan hidup untuk membantu anak-anak putus sekolah. Jadi tidak ada salahnya jika memilih jurusan kependidikan. Atau jika Milk Lovers ingin meningkatkan kualitas hutan di Indonesia dapat memilih jurusan ilmu kehutanan.

Waktu

Setiap jurusan pasti mempunyai rentang waktu berbeda untuk menyelesaikan studi. Contohnya jika Milk Lovers ingin jadi dokter, Anda wajib mengikuti kuliah dan praktek minimal 5 tahun sebelum akhirnya dapat bekerja sebagai dokter. Faktor tersebut juga wajib dipertimbangkan dengan usia saat ini dan target di masa depan.