Milk Lovers yang baru saja lulus SMU pasti sedang galau, apakah langsung bekerja atau meneruskan kuliah. Sebenarnya, ini tergantung dari keinginan dan mindset dari Milk Lovers sendiri. Misalnya saja, Milk Lovers merasa bahwa kuliah belum tentu dapat pekerjaan, maka mencoba melamar pekerjaan dengan ijazah SMU bisa menjadi pertimbangan. Faktanya, banyak perusahaan yang menerima karyawan lulusan SMU.

Jika Milk Lovers bahwa semakin tinggi pendidikan maka kesempatan karir yang lebih baik akan lebih terbuka lebar, maka memilih untuk melanjutkan kuliah bisa menjadi pertimbangan utama. Ada baiknya, tidak memilih jurusan kuliah secara asal-asalan. Pilihlah jurusan yang memang disukai atau sesuai dengan cita-cita. Misalnya, jika suatu saat Milk Lovers ingin menjadi pengacara, maka ambil jurusan hukum. Kalau ingin menjadi penulis atau pekerjaan yang berhubungan dengan seni, Milk Lovers bisa mengambil jurusan seni atau sastra.

Namun, ada baiknya pula bagi Milk Lovers untuk tidak hanya berpikiran bahwa dengan berkuliah maka pekerjaan akan semakin mudah. Pasalnya, ada banyak sekali lulusan S1 yang masih belum mendapatkan pekerjaan. Sebaliknya, banyak pula orang yang pendidikannya tidak terlalu tinggi justru mendapatkan pekerjaan. Lebih jauh lagi, ada lulusan kuliahan yang bekerja tidak sesuai dengan pendidikan yang diambil sebelumnya. Lalu, apa yang sebaiknya Milk Lovers lakukan? Sebenarnya, Milk Lovers bisa menggunakan pilihan ketiga yaitu kuliah sambil kerja.

Saat ini, sangat banyak mahasiswa yang memilih untuk kuliah sambil bekerja. Milk Lovers bisa menggunakan waktu kosong untuk mengambil pekerjaan part time. Cukup banyak perusahaan yang mau menerima mahasiswa untuk bekerja part time. Kalaupun tidak, Milk Lovers bisa mulai mencoba mengasah kemampuan berbisnis dengan menawarkan jasa atau produk sendiri. Misalnya, Milk Lovers suka menulis, maka tidak ada salahnya mencoba menawarkan jasa pembuatan artikel untuk website atau blog. Sama halnya jika Milk Lovers suka memasak, maka sembari berkuliah, cobalah berjualan makanan yang Milk Lovers buat sendiri. Pilihan ini bisa jadi lebih baik ketimbang melakukan hal-hal yang tidak jelas saat kuliah.

Yang paling penting, Milk Lovers memiliki uang tambahan baik untuk biaya kuliah atau biaya lainnya. Bahkan, bisa jadi pekerjaan yang awalnya part time atau bisnis yang awalnya hanya untuk mengisi waktu luang justru akan menjadi pekerjaan tetap Milk Lovers. Selain itu, Milk Lovers juga akan mendapatkan pengalaman baru saat menjalankan aktivitas tersebut. Jadi, apa yang Milk Lovers pilih? Kuliah, bekerja, atau kuliah sambil bekerja? Pikirkan baik-baik sebelum mengambil keputusan, Milk Lovers!