Selain mudik dan menyajikan opor, salah satu tradisi lebaran yang paling ditunggu anak-anak adalah bagi-bagi angpao lebaran yang dilakukan oleh sanak saudara. Memang nominalnya tidak seberapa, tapi karena kuantitasnya cukup banyak, biasanya jumlah angpao lebaran anak pun cukup lumayan.

Tentu saja angpao lebaran ini milik anak, tapi agar penggunaannya lebih efektif, sebaiknya Milk Lovers simak tips mengajari Si Kecil menggunakan angpao lebaran.

Beri Anak Tempat Penampungan Uang

Jangan biarkan anak langsung jajan dengan menggunakan uang tersebut, sebaiknya beri pengertian agar uang tersebut bisa disimpan dulu di tempat khusus penampungan angpao lebaran, dan minta dia untuk mengelompokan uang tersebut sesuai dengan nominalnya.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari cara ini, salah satunya anak akan mengenal nominal dari pecahan uang, dan belajar penjumlahan berdasarkan pecahan uang yang berbeda.

Tanyakan Rencananya

Menurut Sari Insaniwati, CFP Financial Planner, Mitra Rencana Edukasi, menyarankan agar anak dibiasakan untuk memiliki rencana keuangannya. Caranya, Milk Lovers cukup bertanya apa yang diinginkan dengan uang tersebut.

Jika anak masih bingung dan belum memberikan jawaban pasti, minta dia untuk menyimpan uang tersebut sampai dia benar-benar tahu apa yang diinginkannya.

Boleh Memberikan Saran

Jika terus disimpan di rumah dan Milk Lovers merasa khawatir uang tersebut akan habis dipakai jajan, boleh kok memberikan saran pada Si Kecil. Misalnya, Nak, sepatumu sudah rusak. Mau nggak uang tersebut dipakai buat sepatu baru?

Dengan cara ini, Si Kecil tidak hanya diajarkan bagaimana menggunakan uang, tapi Milk Lovers pun sudah ikut berperan dalam menyelamatkan uang anak agar tidak habis dengan percuma.

Ajak Anak Buka Tabungan Sendiri

Opsi lainnya, Milk Lovers bisa meminta anak untuk membuka buku tabungan sendiri. Sekarang sudah banyak pihak Bank yang membuka produk tabungan khusus anak-anak. Tinggal sesuaikan saja produk tabungan dari Bank mana yang akan dipilih.

Jangan lupa, jelaskan juga apa itu Bank, bagaimana cara menabung di Bank, dan apa keuntungan yang bisa dia dapatkan dengan rajin menabung di Bank. Dengan cara ini, uang yang didapat Si Kecil akan jadi lebih bermanfaat. Selamat mencoba!