Menyaksikan anak memasuki dunia sekolah menjadi hal mendebarkan bagi orang tua. Di satu sisi Milk Lovers terharu mengamati perkembangan si Kecil, lantas di sisi lain was-was menyaksikannya berada di tengah lingkungan asing.

Selain itu, sejumlah orangtua juga tak mau membebani anak, sehingga sesampainya di rumah si Kecil dibiarkan bermain atau melakukan aktivitas lain di luar belajar. Namun, apakah tindakan tersebut sudah benar? Apakah belajar di sekolah sudah cukup memenuhi kebutuhan pendidikan si Kecil?

Bagaimana Cara Mengajar Si Kecil Di Rumah?

Meski sekolah adalah lembaga pendidikan yang menjamin si Kecil untuk mendapatkan materi belajar yang memadai, ingatlah bahwa Milk Lovers dan pasangan adalah ‘lembaga’ pertama yang mengajarinya materi-materi edukatif. Dengan kata lain, Milk Lovers berhak memberikan pengajaran di rumah, hanya saja formatnya tidak seformal di sekolah.

  1. Kembangkan Kemampuan Belajar

Langkah awal yang bisa Milk Lovers lakukan untuk mendidik si Kecil adalah mengembangkan learning skill. Misalnya dari hal-hal kecil seperti menggunakan alat tulis hingga yang berhubungan dengan materi di sekolah seperti mengenalkan angka dan huruf. Milk Lovers dapat menggunakan buku pelajaran yang direkomendasikan sekolah untuk memilah materi yang hendak diajarkan pada si Kecil, sehingga si Kecil juga tak akan melupakan pelajaran yang diperoleh di sekolah.

  1. Melatih Kemampuan Beradaptasi

Life skills atau kemampuan beradaptasi si Kecil dengan lingkungan sekitar perlu diasah juga, lho, Milk Lovers. Beberapa di antaranya mencakup mengenal nama orangtua sendiri, membiasakan diri di tengah tempat umum atau publik, hingga buang air sendiri (potty training). Dengan menanamkan life skills sejak dini, si Kecil bakal tumbuh menjadi pribadi mandiri dan jarang merepotkan orang lain saat dewasa kelak dan mudah bergaul dengan orang lain.

  1. Menerapkan Kebiasaan-kebiasaan Baik

Kebiasaan-kebiasaan baik yang diajarkan sejak dini juga akan membentuk si Kecil menjadi karakter yang baik. Melatihnya tidur dan bangun tepat waktu, membiasakannya sarapan, serta bermain sesuai jadwal yang ditentukan adalah sejumlah kebiasaan yang secara tak langsung melatihnya mengelola waktu. Jadi si Kecil pun bakal memaksimalkan waktu sebaik mungkin dan tak menunda-nunda pekerjaan rumahnya. Milk Lovers dan pasangan pasti akan lebih tenang bila berhasil menerapkan kebiasaan ini.

  1. Pendampingan Kontinu Pada Si Kecil

Belajar adalah proses yang dilakukan secara terus-menerus dan harus ditekankan pada berbagai aspek. Begitupula dengan tanggung jawab mendidik anak, tak bisa Milk Lovers tumpukan pada pihak sekolah saja. Berdasarkan sebuah penelitian, orang tua yang melibatkan diri dalam pendidikan anak akan mampu membiasakan mereka beradaptasi dengan lingkungan apa pun. Bagaimanapun, Milk Lovers sebagai orang tua adalah fondasi terkuat sekaligus pedoman pendidikan pertama untuk si Kecil.