Milk Lovers, dandan merupakan salah satu rutinitas wajib yang biasa dilakukan wanita. Dalam kondisi normal, ini hal yang biasa dan bisa dibilang aman dilakukan. Tapi saat sedang hamil, sebaiknya Anda lebih berhati-hati. Kalau bisa, sebaiknya hentikan dulu memakai kosmetik.

Apa Hubungannya Kosmetik dengan Kehamilan?

Sepintas memang terlihat tidak terhubung Milk Lovers. Kosmetik hanya ditempel di bagian wajah saja, sedangkan janin berada jauh dalam kandungan.

Meskipun begitu, dr.Liva Wijaya SpOG, dokter ahli kandungan dan kebidanan dari RS.Mitra Kemayoran, Jakarta, menjelaskan jika kosmetik mengandung beberapa zat yang cukup berbahaya bagi kesehatan kulit, dan berisiko mempengaruhi tumbuh kembang janin.

Lebih lanjut lagi, dr.Liva menjelaskan jika paparan zat berbahaya dalam kosmetik ini berawal dari paparan di wajah. Pembuluh darah akan menyerap racun tersebut, dan bercampur dengan darah. Nantinya, darah yang sudah terkontaminasi racun tersebut akan mengalirkan hingga janin.

Berikut merupakan beberapa bahan kimia yang biasa digunakan dalam kosmetik, dan bisa berdampak buruk bagi janin dalam kandungan.

  1. Merkuri, merupakan bahan kimia yang bisa menyebabkan kerusakan otak dan saraf, penyakit paru-paru, gagal ginjal, kerusakan sistem imun dan saluran pencernaan.
  2. Formalin, merupakan bahan pengawet yang bersifat karsinogen. Artinya, zat ini bisa memicu kanker, ruam kulit, dan gangguan pernapasan.
  3. Phthalates, merupakan bahan kimia yang sangat berbahaya karena bisa meningkatkan risiko keguguran, ganguan kecacatan pada janin dan diabetes gestasional.
  4. Timbal, sejenis logam beracun penyebab kanker, gangguan sistem saraf, meningkatkan risiko keguguran, cacat mental dan lainnya.

Selain itu, dalam kosmetik pun biasanya terdapat beberapa zat berbahaya lainnya, termasuk kloroform, vinyl chloride, triclosan, methylene chloride bithiniol dan lainnya.

Untuk menghindari dampak buruk tersebut, dr.Liva menyarankan agar Milk Lovers berhenti sementara dari aktivitas dandan, dan gunakan perawatan tradisional, seperti masker buah, sayuran, minyak zaitun dan lainnya, untuk merawat kulit.

Kalaupun sangat ingin menggunakan kosmetik, batasi pemakaiannya di moment-moment tertentu saja, dan pastikan kosmetik yang dipilih sudah terdaftar di BPOM (Balai Pengawas Obat dan Makanan) ya Milk Lovers!