Saat kuliah online sudah dijalani selama berbulan-bulan, wajar rasanya jika rasa jenuh dan bosan mulai terasa. Saat rasa jenuh muncul, fokus pun biasanya akan mulai terganggu yang berakibat pada sulitnya memahami materi saat kuliah online. Tapi jangan menyerah dulu ya, Milk Lovers! Berikut adalah beberapa tips ini agar tetap fokus dan memahami materi saat kuliah online.

  1. Buang persepsi kuliah online itu artinya libur panjang

Berada di rumah sepanjang hari dan tidak pergi ke kampus rasanya memang seperti saat libur panjang, sehingga membuat kita jadi malas. Hal pertama yang perlu Milk Lovers lakukan adalah menanamkan persepsi bahwa kuliah online tidak sama dengan libur karena sebagai mahasiswa kita tetap menjalankan aktivitas seperti biasa, hanya saja berbeda tempat, sistem, dan suasana. 

Harus diakui memang diperlukan waktu dan usaha untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada. Tapi selama ada kemauan, lama kelamaan Milk Lovers pasti akan terbiasa.

  1. Buatlah jadwal dan reminder

Supaya kegiatan di rumah tetap terorganisir dengan baik, buatlah jadwal aktivitas sehari-hari dan juga reminder untuk deadline tugas supaya tidak terlupa. Dengan begitu kita jadi tahu kapan waktu untuk kegiatan perkuliahan dan waktu untuk aktivitas yang lainnya. 

  1. Atur tempat kuliah online yang nyaman dan kondusif

Milk Lovers bisa mengatur tempat yang nyaman khusus untuk kuliah online. Usahakan untuk menjauhkan diri dari jangkauan tempat tidur agar tidak mengantuk lalu tergoda untuk rebahan. Pilih tempat yang nyaman tapi juga kondusif, sehingga Milk Lovers bisa mengikuti kuliah online dengan lebih fokus.

  1. Jangan lupa refreshing

Sudah coba fokus kuliah, tapi masih saja sulit memahami materi yang disampaikan? Mungkin Milk Lovers sedang jenuh. Cobalah sesekali untuk refreshing dan santai sejenak dari aktivitas dan tugas kuliah. Refreshing di rumah bisa dilakukan dengan melakukan video call dengan sahabat, bermain game, ataupun menonton film. Refreshing sangat penting supaya kita tidak mudah stress dan bisa tetap fokus saat kuliah online di rumah.

 

Semoga tipsnya bermanfaat!