Siapa sih yang nggak suka dengan rasa manis? Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun suka dengan makanan manis. Hal inilah yang membuat makanan-makanan manis seperti es krim, donat, permen hingga minuman bersoda, jadi favorit banyak orang.

Sayang Milk Lovers, diantara sekian banyak makanan manis, beberapa diantaranya mengandung pemanis buatan. Jelas ini bukan bahan yang ramah bagi tubuh, terlebih jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan jumlah yang berlebihan.

Dilansir dalam popsugar, makanan dengan pemanis buatan merupakan salah satu masalah yang harus dihindari, pasalnya makanan ini tidak hanya berhubungan dengan obesitas dan diabetes, tapi juga berhubungan dengan risiko gangguan matabolisme dan peningkatan bakteri di usus.

Tidak hanya itu, dalam penelitian yang dilakukan tim peneliti dari University of Manitoba di Kanada, disebutkan jika mereka yang sering mengonsumsi pemanis buatan berjenis aspartame atau sucralose, berisiko tinggi terkena hipertensi dan penyakit jantung.

Penelitian ini sendiri melibatkan sekitar 1.003 orang responden, dimana orang yang mengkonsumsi pemanis buatan, dikatakan tidak menunjukkan penurunan berat badan seperti yang selama ini dijanjikan produk-produk pemanis buatan.

Sebaliknya, penggunaan pemanis buatan justru malah membuat angka kenaikan berat badan jadi lebih tinggi. Parahnya lagi, penelitian ini pun menemukan kaitan antara aspartam dengan risiko hipertensi, penyakit jantung dan beberapa masalah kesehatan lainnya terkait obesitas.

Masih pro kontra

Meskipun banyak yang menolak, faktanya masih banyak orang yang terang-terangan mendukung, atau setidaknya menyebut pemanis buatan tidak perlu dipermasalahkan. Tentu saja dengan catatan, selama pemanis buatan tersebut dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Misalnya dr Lanny Lestiani, MSc, SpGK, pakar ilmu gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Dalam diskusi bertajuk Metabolic Syndrome & Jenis-Jenis Pemanis tahun 2010 silam di Jakarta, Lanny menyebut jika pemanis buatan tidak perlu dikhawatirkan.

Menurutnya, aspartam merupakan pemanis buatan yang aman bagi kesehatan. Bahkan sampai sekarang belum ada bukti penelitian ilmiah yang menyebut aspartam berbahaya bagi kesehatan, dengan catatan harus dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Pihak Food and Drug Administration (FDA) sendiri telah menyetujui penyebaran pemanis buatan ini sejak tahun 1974 silam, dimana batas aman konsumsi zat ini maksimal 40-60 mg per berat badan. Nah kalau menurut Anda gimana Milk Lovers?