Milk Lovers, kesadaran tentang bahaya obesitas, diabetes dan konsumsi gula berlebih, telah membuat banyak orang kini mulai mencari pemanis alternatif yang masih tetap memberikan rasa manis, tapi tidak membahayakan, salah satunya adalah, dengan mengolah daun stevia menjadi gula.

Apa itu Stevia?

Stevia merupakan pemanis atau gula yang berasal dari tanaman Stevia rebaudiana. Bahkan di Paraguay dan Brasil sendiri, penggunaan Stevia sebagai pemanis sudah lama dilakukan sebagai pengganti pemanis yang berasal dari tebu atau bahan pembuat gula lainnya.

Walaupun begitu, penggunaan Stevia sebagai pemanis pengganti gula sendiri baru mulai dikenal luas setelah ditemukan kemudian diperkenalkan oleh seolah ahli botani, Antonio Bertoni di tahun 1887, yang membawanya berkeliling Amerika, hingga Eropa.

Apa manfaat dari Stevia?

Dalam daun stevia terkandung senyawa yang memiliki rasa sangat manis seperti layaknya gula. Bahkan rasa manis yang diberikan daun stevia ini bisa mencapai 200 sampai dengan 300 kali lipat dari gula pasir. Karena rasa manisnya ini, daun Stevia kemudian di jululu sebagai honey leaf, sweet leaf, sweet leaf of Paraguay, dan masih banyak julukan lainnya yang merujuk kepada tingkat kemanisan daun yang satu ini.

Yang paling mengagumkan, selain mampu memberikan rasa manis yang luar biasa, daun stevia pun tidak mengandung kalori. Hal inilah yang membuat gula stevia menjadi salah satu jenis pemanis yang sangat direkomendasikan untuk Milk Lovers yang sedang dalam program diet, atau sebagai penderita diabetes.

Selain itu, ekstrak tanaman stevia ini sendiri diyakini sangat bermanfaat untuk membantu pengaturan kadar gula darah. dan bahkan di wilayah Amerika Selatan sendiri, ekstrak tanaman stevia sudah lama digunakan sebagai terapi manis bagi penderita diabetes.

Aman Tidak Stevia Ini?

Banyak sekali penelitian yang dilakukan untuk mengetahui apakah daun stevia ini dapat menimbulkan efek samping atau tidak. Dan buktinya, banyak penelitian yang membuktikan jika senyawa stevioside dan rebaudioside yang menjadi sumber rasa manis dari gula stevia ini aman untuk dikonsumsi.

Bahkan lembaga regulasi pangan dunia JECFA (Joint FAO/WHO Expert Committee on Food Additive), telah lama menyatakan jika stevia aman dikonsumsi dengan batas konsumsi harian sampai dengan 5 mg/kg berat badan anda. Bagaimana Milk Lovers, tertarik untuk mencicipinya?