CLOSE X
Nutrisi Pengganti untuk Ibu yang Alergi Protein Susu Sapi

Nutrisi Pengganti untuk Ibu yang Alergi Protein Susu Sapi

Tips Kesehatan
Tips Kesehatan
Friday, 04 Dec 2015

Susu merupakan salah satu makanan ajaib yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Bukan hanya untuk anak-anak, susu sangat baik dikonsumsi oleh orang dewasa, lansia, hingga ibu hamil. Walaupun begitu, banyak kondisi yang akhirnya membuat anda sulit untuk bisa menikmati kandungan gizi dalam susu, salah satunya karena alergi protein susu.

Jika sudah begini, tentu saja anda wajib mencari sumber protein, sekaligus kalsium lainnya yang tidak bersinggungan langsung dengan sapi. Berikut merupakan makanan pengganti untuk anda yang alergi terhadap protein yang berasal dari susu sapi.

Susu kedelai

Susu kedelai duduk di urutan pertama sebagai makanan pengganti untuk anda yang alergi terhadap protein dari susu sapi. Kandungan protein, asam amino dan zat lainnya, diklaim hampir setara dengan susu sapi dalam jumlah yang sama, walaupun dalam beberapa sisi, susu kedelai memang tidak sebaik susu sapi.

Tahu dan tempe

Dua makanan murah meriah ini merupakan makanan turunan hasil olahan kedelai. Sama seperti susu kedelai, tahu tempe pun merupakan alternatif terbaik sebagai sumber protein, sekaligus untuk melengkapi nutrisi yang anda butuhkan.

Kacang almond

Masih dari keluarga kacang-kacangan, almond merupakan salah satu makanan yang bisa anda jadikan sebagai pengganti susu. Selain rasanya yang lezat dan cocok dijadikan camilan, kacang almond pun kaya akan kalium, magnesium, kalsium, antioksidan dan vitamin E.

Ikan laut

Sumber protein lain yang bisa anda manfaatkan sebagai pengganti susu adalah ikan laut, seperti ikan tuna, salmon, makarel, herring dan jenis ikan lainnya. Tapi ingat, hati-hati dengan kandungan merkuri yang banyak terdapat dalam ikan yang hidup di lautan dalam, atau area perairan yang tercemar.

Bayam

Sayuran hijau yang satu ini memang kaya akan kalsium, zat besi, serat, asal folat dan berbagai nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan tubuh. Semangkuk bayam rebus setiap hari, dinilai sudah cukup untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian anda.

Milk Lovers, selain makanan-makanan di atas, anda pun disarankan untuk tetap mengonsumsi buah-buahan segar, sayuran, gading, telur dan makanan lainnya yang kaya akan gizi.

KOMENTAR

BACK TO
TOP
Stay Connected

BE PART OF US

Daftarkan e-mail kamu dan dapatkan info / tips seputar susu dan kegiatan lainnya