Tidak sedikit anak yang kurang asupan buah dan sayuran. Mereka cenderung senang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan rendah serat. Hal ini tentu menyebabkan pola makan yang tidak sehat dan menyebabkan anak sering mengalami sembelit dengan gejala susah buang air besar, sakit saat BAB karena feses keras, jarang BAB, dan sering mengeluh sakit perut.

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat sangat penting untuk kesehatan si kecil. Selain berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan, makanan berserat juga dipercaya dapat memerangi beberapa jenis penyakit. Jadi sangat penting untuk memberikan asupan yang kaya serat setiap hari untuk si kecil. Idealnya, anak perlu mendapatkan asupan serat sebanyak 19 gram per hari. Serat tersebut dapat diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa sumber serat yang baik untuk si kecil.

Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan, termasuk kacang hitam, kacang merah, kacang tanah, dan kacang hijau. Dalam satu cangkir kacang merah rebus terdapat sekitar 14 gr serat. Kacang merah biasanya dapat dimasukkan untuk campuran sup sementara kacang hijau dapat dibuat menjadi bubur kacang hijau.

Brokoli

Sayuran berwarna hijau gelap dengan bentuk unik ini selain kaya akan vitamin C juga kaya akan serat. Dalam 1 cangkir brokoli rebus, terdapat sekitar 5 gr serat.

Alpukat

Alpukat merupakan buah yang dikenal dengan kandungan lemak nabati yang sehat. Selain itu alpukat juga diketahui memiliki kandungan serat yang tinggi. Dalam satu buah alpukat berukuran sedang terdapat sekitar 7 gr serat. Penyajian alpukat untuk si kecil dapat diberikan dalam bentuk jus atau langsung diberikan begitu saja.

Buah Apel dan Pir

Selain menawarkan citarasa yang segar dan manis, dalam satu buah pir atau apel ukuran sedang terdapat sekitar 5,5 gr serat. Baik buah pir maupun apel dapat disajikan untuk si kecil sebagai camilan di sela – sela waktu makan siang dan juga makan malam.

Beras Merah

Jika dibandingkan dengan beras putih, beras merah ternyata menyimpan kandungan serat lebih tinggi. Di dalam satu gelas nasi beras merah terdapat sekitar 4 gr serat. Si kecil dapat diberi beras merah sebagai alternatif beras putih.

Bayam

Bayam selama ini telah dikenal memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Tetapi selain memiliki kandungan zat besi, bayam ternyata juga banyak mengandung serat. Di dalam satu gelas bayam rebus atau yang sudah dimasak terdapat sekitar 4 gr serat.

Oatmeal

Serat yang terdapat pada oatmeal tidak hanya bermanfaat untuk pencernaan tetapi juga mengandung jenis serat yang lain. Serat tersebut diketahui dapat mengontrol kadar kolesterol di dalam darah sehingga jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.