Kantuk yang menyerang saat belajar memang mengganggu. Sementara Milk Lovers harus memahami materi yang terdapat pada buku atau bacaan yang sedang dipelajari. Gangguan ini juga tidak mengenal waktu maupun tempat, karena bisa datang saat Milk Lovers berada di sekolah atau rumah. Mengesalkan, bukan? Supaya kantuk tidak mudah datang, segera cegah dengan cara-cara berikut ini!

Tidur/istirahat dalam porsi cukup

Penyebab utama yang paling sering memicu kantuk adalah kurangnya porsi istirahat. Seperti yang Milk Lovers tahu, orang dewasa membutuhkan waktu tidur 8-10 jam sehari. Jika porsinya kurang atau lebih, maka peluang Milk Lovers mengantuk pun cenderung lebih besar. Hindari pula kebiasaan buruk seperti begadang atau minum minuman berkafein menjelang tidur.

Membaca materi pelajaran favorit

Langkah selanjutnya yang akan membantu Milk Lovers menahan kantuk adalah mengawali sesi belajar dengan membaca materi pelajaran favorit. Karena biasanya, sesuatu yang Milk Lovers sukai akan serta-merta menaikkan antusiasme dan secara tak langsung mengusir rasa kantuk. Berbeda kalau Milk Lovers memulainya dengan materi yang kurang dipahami, bosan dan mengantuk pasti cepat datang.

Berdiskusi dengan teman di kelas

Belajar sendirian tak jarang mengundang kantuk. Maka untuk mengusirnya, ajaklah teman-teman untuk mendiskusikan materi pelajaran tersebut. Milk Lovers dapat melakukannya di kelas, perpustakaan, atau di rumah dengan menggelar kerja kelompok. Selingi juga dengan gurauan supaya tetap ramai dan dapat menjauhkan kebosanan di tengah diskusi.

Cuci muka atau menggerakkan kaki

Belajar menjelang atau selepas makan siang jadi pemicu kantuk yang sering kali dialami pelajar. Milk Lovers yang sudah tak kuasa menahan kantuk dapat meminta izin pada guru untuk mencuci wajah di toilet. Jika tidak memungkinkan, gerakan saja kaki sampai kantuk menghilang. Namun, jangan terlampau keras, karena bisa mengganggu sesi belajar-mengajar di kelas.

Amati situasi dan keadaan sekitar

Terlalu lama fokus pada materi yang Milk Lovers pelajari akan mengundang kantuk yang tak tertahankan. Dalam hal ini, Milk Lovers mungkin membutuhkan pengalih perhatian untuk menyegarkan pikiran maupun tubuh. Caranya simpel, cukup amati apa yang terjadi di sekitar Milk Lovers. Jalan-jalan di sekitar sekolah saat waktu istirahat pun akan membantu Milk Lovers mengembalikan fokus belajar.

Mengambil jeda dan makan permen karet

Berkaitan dengan poin sebelumnya, Milk Lovers juga membutuhkan waktu istirahat dari sesi belajar yang cukup panjang. Jadi, sempatkan diri untuk makan, minum, atau beribadah supaya semangat mempelajari materi kembali. Selain itu, Milk Lovers juga bisa makan permen karet di tengah sesi belajar. Pastikan Milk Lovers melakukannya sepelan mungkin supaya tidak ketahuan guru.

Semoga cara-cara di atas dapat membantu Milk Lovers menumpas kantuk saat belajar!