Milk Lovers, pernahkan Anda menemukan wanita hamil yang tiba-tiba saja mengidap alergi, misalnya alergi terhadap seafood, telur dan lainnya, padahal sebelumnya tidak pernah mengalami keluhan alergi apapun, bahkan setelah mengonsumsi makanan yang bersifat alergen.

Apakah Alergi Ini Dipicu Oleh Kehamilan?

Jika melihat riwayat alergi sebelumnya, sangat wajar kalau akhirnya Anda menyimpulkan jika kehamilan telah menyebabkan Anda alergi terhadap makanan tertentu. Tapi menurut James T C Li, M.D., Ph.D., pakar Alergi dari Mayo Clinic College of Medicine, Amerika, anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Menurut James, pada dasarnya alergi merupakan kondisi yang bisa menimpa siapa saja, baik anak-anak atau orang dewasa. Kemunculan alergi ini tidak hanya terbatas pada anak-anak, ada beberapa kasus seseorang mengidap alergi justru setelah berusia dewasa.

Mengenai penyebab tiba-tiba mengidap alergi saat sedang hamil, ada 2 kemungkinan yang bisa menyebabkan hal ini, diantaranya :

  1. Pertama, karena saat kecil dia tidak pernah terpapar bahan alergen dalam level yang cukup untuk mencetuskan reaksi alergi hingga dia merasa baik-baik saja.
  2. Kedua, saat hamil sistem kekebalan tubuh Anda menjadi sangat sensitif, sehingga sedikit alergen bisa memicu munculnya reaksi alergi.

Meskipun begitu, James berpendapat jika pemicu yang kedua merupakan yang paling mungkin terjadi karena sejumlah penelitian membuktikan jika sistem imun Anda akan sedikit ditekan untuk menghindari hal-hal yang dianggap bisa berakibat buruk untuk janin dalam kandungan.

Kondisi ini mirip dengan fenomena ngidam, ketika itu Anda akan menjadi lebih sensitif terhadap bau, rasa dan bahkan jenis makanan tertentu. Hanya saja, untuk kasus alergi saat hamil kondisinya bisa sedikit lebih parah. Tidak hanya mual dan muntah saja, tapi juga memunculkan gejala alergi seperti gatal.

Untuk mengatasi hal ini, sangat disarankan Anda untuk menghindari makanan yang menyebabkan alergi. Misalnya, jika Anda alergi telur, kebutuhan protein bisa diganti dengan susu dan daging. Jika alergi seafood, coba untuk mengonsumsi sumber protein sejenis sebagai penggantinya.

Jika merasa sangat tidak nyaman dengan kemunculan alergi ini, sebaiknya segera hubungi dokter untuk meminta solusi terbaik dari masalah ini. Jika dibutuhkan, suplemen tertentu bisa dijadikan alternatif untuk mengganti asupan sumber nutrisi yang tidak bisa dikonsumsi karena alergi.