Konsumsi makanan sehat seperti daging, sayuran, dan buah-buahan memang penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita. Tapi Milk Lovers, selain mempertimbangkan sumber makanannya, kamu pun wajib mempertimbangkan cara mengolah makanan tersebut.

Menurut dr.Diana F.Suganda, MKes, SpGK, pengolahan makanan memegang peran yang sangat penting untuk menentukan utuh atau tidaknya nutrisi dalam sebuah makanan yang dipasak. Contohnya saja protein yang bisa rusak jika diolah dengan suhu yang sangat tinggi.

Untuk proses pengolahannya, makanan tinggi protein, seperti telur, daging ayam, ikan dan lainnya, sebaiknya diolah dengan cara direbus, ditumis, dikukus, dipepes, atau dipanggang. Selain itu, Diana pun menyarankan untuk mengolah makanan ini untuk dijadikan sup.

Hal yang sama pun berlaku untuk jenis sayuran, dimana makanan ini bisa dikonsumsi mentah, atau diolah dengan cara dikukus, ditumus atau direbus. Tapi ingat, jangan sampai terlalu matang karena bisa menyebabkan kandungan vitaminya berkurang.

Bagaimana dengan makanan yang digoreng?

Menurut Diana, menggoreng makanan dengan suhu yang sangat tinggi bisa mengurangi kandungan nutrisi dari makanan tersebut. Kalaupun ingin digoreng, Diana menyarankan jangan deep fried dengan minyak banyak, tapi sebaiknya gunakan minyak untuk melumasi wajah panic saja.

Agar matang merata, dokter yang bertugas di RSIA Asih Jakarta tersebut pun menyarankan agar makanan tersebut bisa dibolak-balik secara berkala.

Sementara untuk penggunaan minyak zaitun atau minyak jagung, sebaiknya jenis minyak ini jangan dipanaskan. Minyak jenis ini bisa digunakan untuk menumis atau dituangkan terakhir ketika akan selesai menumis. Minyak jagung dan minyak zaitun pun bisa digunakan sebagai campuran salad.

Alasannya, minyak dengan kandungan lemak baik, seperti minyak jagung, minyak zaitun dan minyak canola, akan berubah menjadi lemak jenuh jika dipanaskan dalam suhu tinggi.

Cuci bersih buah-buahan dan sayuran

Catatan lainnya, Anda pun harus membersihkan sayuran dan buah-buahan sebelum diolah atau dikonsumsi. Proses ini berfungsi untuk membuang kotoran, sekaligus membersihkan sisa-sisa pestisida yang mungkin masih menempel di permukaannya.

Agar lebih maksimal, Dr. Motoko Mukai, Pakar Racun dan Peneliti dari University of Massachusettes, menyarankan agar Anda mencuci buah-buahan dengan tambahan soda kue. Selamat mencoba!