Di Indonesia sudah bukan rahasia lagi bahwa ibu hamil biasanya tidak boleh melakukan ini dan itu. Namun Milk Lovers sendiri pasti juga bertanya – tanya, benar atau tidak sih mitos – mitos seputar kehamilan tersebut? Berikut ini adalah beberapa mitos kehamilan yang biasa dijumpai di Indonesia lengkap dengan faktanya:

Bentuk Perut Ibu Hamil

Milk Lovers pasti pernah mendengar bahwa banyak orang yang percaya bahwa bentuk perut ibu hamil memperlihatkan jenis kelamin bayi yang sedang dikandung. Faktanya sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang mengungkapkan kebenaran mitos tersebut. Hingga saat ini, jenis kelamin bayi biasanya dapat diketahui melalui pemeriksaan USG. Sebenarnya bentuk perut ibu hamil sangat dipengaruhi oleh banyaknya air ketuban dan posisi bayi. Bila posisi bayi melintang, perut akan terlihat lebar. Bila air ketuban banyak, perut ibu hamil akan terlihat besar. Sementara itu jika air ketuban sedikit akan membuat ukuran perut terlihat kecil.

Minum Air Es

Mitos yang kedua adalah minum air es ketika hamil akan membuat bayi besar di dalam rahim. Faktanya, besar kecil bayi dipengaruhi oleh faktor gizi, diabetes, dan keturunan. Bayi besar biasanya dialami ibu hamil yang mempunyai indikasi kasus diabetes. Oleh sebab itu mereka tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan yang manis, termasuk es krim.

Minum Susu

Mitos ketiga, banyak minum susu saat hamil akan membuat kulit bayi saat lahir menjadi putih. Faktanya, susu tidak berpengaruh terhadap warna kulit bayi. Warna kulit tersebut ditentukan oleh pigmen. Sementara itu pigmen ini berhubungan dengan faktor genetic dari orangtua.

Makan Ikan Mentah

Makan ikan mentah dipercaya akan membuat si kecil berbau amis. Faktanya, bayi yang baru saja lahir dan belum dimandikan memang kadang sedikit berbau amis. Tetapi ini sebenarnya bukan karena makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil tetapi karena terkena cairan ketuban.

Makan Nanas

Tentu mitos makan nanas dapat menyebabkan keguguran sudah menjadi mitos yang paling populer di masyarakat. Namun apakah mitos ini benar? Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang tinggi serta mengandung serat. Zat tersebut sebenarnya dibutuhkan oleh hamil. Sampai saat ini masih belum ada bukti ilmiah terkait hubungan nanas dan keguguran. Namun, rasa asam dari buah nanas dapat menyebabkan masalah pencernaan jika perut ibu hamil tidak kuat. Nanas kadang – kadang juga dapat menyebabkan rasa gatal pada bibir.

Nah itulah beberapa mitos kehamilan yang sangat umum di Indonesia. Sekarang Milk Lovers dapat menilai sendiri apakah mitos tersebut benar atau tidak.