Akhir tahun identik dengan hujan dan udara dingin. Saat seperti ini tentu paling nikmat bila sering menyajikan minuman hangat seperti susu, teh, cokelat atau kopi. Jika bosan kamu bisa berkreasi dengan menu lain atau mengombinasikan beberapa minuman favorit. Contoh teh susu hangat yang bisa dinikmati di kafe atau buat sendiri di rumah.

Bicara tentang teh susu, saat ini di Indonesia sedang populer yang namanya matcha latte. Yakni perpaduan antara susu dan matcha yang lebih sering disajikan hangat. Secangkir matcha latte sekarang mudah dijumpai di kafe-kafe. Bahkan sebagian sudah jadi produk minuman botol siap minum.

Variasi lainnya, milk lovers bisa berkreasi membuat matcha latte di rumah. Keunggulannya tentu bisa menyesuaikan rasa dan komposisi matcha latte sesuai selera. Soal bahan, tak perlu khawatir karena bubuk matcha bisa dicari di supermarket Jepang atau supermarket besar di kotamu.

Nah, buat kamu yang ingin coba membuat minuman lezat satu ini simak resepnya berikut. Tapi sebelum itu, yuk kita sedikit mengupas tentang matcha dan matcha latte itu sendiri.

Mathca Latte, Minuman Tradisi dari Jepang

Seperti namanya yang ala-ala Jepang, Matcha adalah teh hijau pilihan dengan kualitas terbaik. Minuman tradisional ini adalah jenis teh hijau yang ditumbuk hingga jadi bubuk. Bubuk inilah kemudian yang kemudian diseduh menjadi minuman atau kue. Ya, bubuk matcha kerap dipakai untuk membuat puding, es krim, latte dan sebagainya.

Dari kualitas bahan dan olahan, cita rasa matcha tentu lebih nikmat daripada teh hijau biasa. Secara harga pun, matcha lebih mahal ketimbang teh hijau. Matcha yang ada di pasaran memiliki banyak jenis dengan perbedaan harga. Bubuk matcha untuk memasak umumnya lebih terjangkau dari jenis matcha untuk upacara khusus.

Resep Mudah dan Lezat Membuat Matcha Latte di Rumah

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 sachet atau 1/2 sendok teh bubuk matcha
  • 1 cangkir susu putih cair
  • 1 sendok makan air panas
  • gula/ sirup vanila/ madu sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Tuangkan bubuk matcha ke wadah gelas dan masukkan air panas. Aduk rata hingga semua bubuk larut dengan sempurna (tidak ada gumpalan dan sedikit berbusa). Jika ada milk lovers bisa mengaduk dengan frother.
  2. Lalu masukkan susu cair dan pemanis (gula/ sirup/ madu) ke dalam panci. Panaskan dengan api sedang hingga muncul gelembung kecil di tepi panci (tidak sampai mendidih). Kemudian aduk susu memakai frother.
  3. Terakhir, tuangkan susu tersebut ke gelas matcha dan aduk sebentar. Untuk mempercantik penampilan a la kafe, tambahkan sedikit bubuk matcha di atas gelas matcha hangat yang berbusa. Secangkir matcha latte homemade siap dinikmati. Selamat mencoba!