Banyak cara menarik untuk menikmati susu sehari-hari. Bila milk lovers bosan dengan meminumnya, bisa coba cara penyajian lain. Misalnya membuat resep sederhana yang bisa dibuat sendiri di rumah seperti membuat pancake susu.

Kamu bisa berkreasi dengan kue dadar lezat ini dan campuran sesuai selera. Tentunya bahan dasar utama adalah susu, tepung terigu dan telur. Bila suka kamu bisa menambahkan bahan lain seperti cokelat, keju dan sebagainya. Beberapa topping seperti es krim, sirup mapple atau meises juga bisa jadi pilihan.

Nah, buat milk lovers yang ingin mencoba cara lain menikmati susu bisa mencoba resep pancake di bawah ini. Caranya sangat mudah, bahannya mudah didapat dan simple pembuatannya. Selengkapnya, yuk cek resep pancake susu berikut ini.

Bahan dasar membuat adonan pancake susu:

  • 100 ml susu cair
  • 100 gr tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 1/4 sendok teh garam
  • 30 gr gula pasir
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 1 sendok makan olive oil

Cara Membuat Pancake Susu:

  1. Ambil sebuah wadah dan campurkan tepung terigu, maizena, gula, garam serta baking powder. Aduk hingga semua bahan tercampur merata.
  2. Ambil wadah terpisah untuk mengocok telur. Kamu bisa memakai kocokan telur atau whisk. Aduk hingga telur sedikit berbuih. Kemudian tambahkan susu cair dan aduk kembali hingga merata.
  3. Masukkan campuran tepung secara bertahap (sekitar 2 - 3 tahapan) ke wadah campuran susu dan telur. Aduk hingga rata dan tercampur semua.
  4. Masukkan olive oil dan aduk kembali agar merata. Beberapa orang ada yang lebih suka memasukkan olive oil setelah adonan didiamkan. Kamu bisa memilih salah satu sesuai selera.
  5. Tutup wadah adonan dengan plastik dan diamkan kurang lebih 10 menit. Saat hendak dimasak, aduk rata kembali adonan.
  6. Panaskan wajan datar (teflon) anti lengket di atas api sedang. Kamu bisa memakai teflon berdiameter paling kecil khusus untuk pancake atau memakai seadanya di rumah.
  7. Tuangkan 1 sendok adonan di tengah teflon hingga bentuknya bulat dan mengembang. Bila sudah timbul gelembung udara dan warna kecokelatan di bagian bawah, balik pancake. Setelah matang tiriskan dan lakukan secara berulang hingga adonan habis.

Setelah selesai, milk lovers bisa menyajikannya dengan aneka topping kesukaan. Seperti keju dicampur susu kental manis, sirup mapple, madu, es krim atau aneka buah. Pancake terasa empuk, lembut dan pas untuk disantap bersama keluarga. Kamu juga bisa berkreasi dengan resep pancake susu di atas dan menambahkan bahan kesukaan. Selamat mencoba!