Di saat musim hujan ini, minuman hangat sangat cocok diminum untuk menghangatkan tubuh. Minuman hangat juga berguna untuk melindungi tubuh dari dinginnya udara dan cuaca dingin. Minuman hangat yang pas adalah susu jahe. Susu jahe ini kini hadir dalam berbagai variasi menarik. Salah satunya adalah susu jahe ala Korea. Minuman ini diracik dengan takaran pas dan bahan pilihan yang seringkali digunakan untuk membuat susu jahe hangat di Korea.

Bahan – Bahan Susu Jahe Hangat Ala Korea

  • 40 gram jahe, digeprek atau diiris tipis
  • 3 batang kayu manis
  • 2 liter air dingin
  • 300 gram gula muscovado atau gula jawa
  • ½ kaleng susu kental manis putih atau secukupnya

Cara Membuat Susu Jahe Hangat Ala Korea

Untuk membuat susu jahe hangat ala Korea ini sebenarnya tak terlalu ribet. Masih dalam tahap wajar. Hanya ada penambahan bahan – bahan lainnya. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dibawah ini.

  1. Didihkan 1 liter air diatas api besar dengan kayu manis
  2. Di panci terpisah, didihkan 1 liter air bersama jahe yang telah diiris atau digeprek selama 15 menit sampai aroma jahe yang harum dan wangi keluar. Masak sampai mendidih
  3. Saring air jahe yang telah didihkan tadi dan tambahkan gula muscovado. Aduk rata hingga mendidih lagi
  4. Lalu, tuangkan jahe hangat ke dalam gelas
  5. Masukkan 3 sdm makan susu kental manis ke dalam gelas
  6. Aduklah hingga susu tercampur rata
  7. Sajikan selagi hangat

Tips Membuat Susu Jahe Hangat Ala Korea

  • Milk Lovers bisa menambahkan gingseng bila suka di dalam minuman susu jahe hangat ala Korea ini. Gingseng berguna untuk menambah stamina dan daya tahan tubuh.
  • Untuk jenis jahenya, Milk Lovers bisa memilih jahe merah bila ingin lebih pedas dan menggigit lagi.
  • Kalau Milk Lovers menginginkan wangi jahe lebih keluar, Milk Lovers bisa memilih jahe yang disangrai dan setelah itu ditumbuk. Dengan cara ini, aroma jahe lebih terasa dan keluar.

Susu jahe hangat ini mampu meningkatkan stamina dan menghangatkan tubuh di saat musim hujan. Susu jahe ini juga mampu mengusir sakit perut, mual, dan begah pada perut sehingga lebih nyaman. Minuman hangat ini juga berguna untuk mengatasi peradangan, mengeluarkan racun, dan membuat tubuh lebih kebal dari serangan virus influenza.