Banyak orang bilang kalau orang jepang itu kreatif. Dan itu memang benar. Tidak hanya terlihat dari teknologi mereka yang bisa membuat Milk Lovers terbelalak, tapi dunia kuliner mereka juga berkembang. Ini ada salah satu resep kue yang sangat terkenal di jepang. Namanya Cheese Cake alias kue keju. Kue keju asal Jepang ini terkenal karena teksturnya yang sangat lembut. Jadi, saat Milk Lovers menggigitnya, memasukkannya ke dalam mulut, rasanya meleleh dan enak sekali.

Sudah ingin mencicipi? Milk Lovers sebenarnya bisa membelinya. Tapi, tentu saja tidak ada tantangan dan keseruan dengan cara itu. Ditambah lagi, harganya pasti lebih mahal. Solusinya, Milk Lovers bisa membuatnya sendiri. Dan, jangan khawatir, mudah sekali untuk membuat kue khas Negeri Sakura ini.

Bahan-bahan:

Bahan A :

  • 250 gram keju
  • 50 gram mentega
  • 120 ml susu cair, pilih full cream agar rasanya lebih enak

Bahan B :

  • 6 butir kuning telur

Bahan C :

  • 60 gram tepung terigu, ayak halus.
  • 20 gram tepung maizena, ayak halus.

Bahan D :

  • 6 butir putih telur, kocok hingga berbusa
  • ½ sdt krim tar tar
  • 140 gram gula pasir

Cara membuat Japanese Cheesecake.

  1. Masukkan bahan A ke dalam panci dan masak dengan api kecil. Jangan memasaknya hingga mendidih.
  2. Setelah bahan A hangat, Milk Lovers bisa mulai memasukkan bahan B dan aduk hingga rata.
  3. Masukkan bahan C dan aduk juga hingga merata.
  4. Kocok dengan mixer putih telur pada bahan D hingga berbusa. Lalu masukkan krim tar dan gula pasir sedikit demi sedikit hingga tercampur dan menjadi lembut. Setelah itu, campur bahan D yang sudah di kocok ini dengan bahan lainnya. Aduk rata.
  5. Siapkan loyang untuk memanggang dan masukkan adonan hingga merata.
  6. Disini adalah proses yang paling penting agar Japanese Cheesecake ini bisa matang sempurna dan mempunyai tekstur lembut seperti yang seharusnya. Untuk memanggangnya, gunakan teknik Au Bain Marie. Atur suhu agar berada pada angka 150 derajat Celcius dan panggang selama 60 hingga 75 menit.
  7. Setelah matang, Japanese Cheese Cake siap dihidangkan.

Bila Milk Lovers tidak familiar dengan teknik Au Bain Marie, ini penjelasannya. Teknik ini pada dasarnya, Milk Lovers tidak meletakkan adonan langsung di atas loyang. Milk Lovers menggunakan 2 loyang. 1 loyang untuk meletakkan adonan dan 1 loyang, yang lebih lebar digunakan sebagai alas. Loyang untuk dasar ini diisi air. Dengan adanya air, maka adonan tidak akan berkerak. Jadi tekstur lembut Japanese Cheese Cake bisa didapat.