Strawberry Panacotta adalah salah satu camilan sehat sejenis puding. Resep camilan sehat ini berasal dari Italia bagian utara. Sebenarnya ada beragam jenis panacotta, semuanya bergantung dari bahan pendamping yang dipilih misal buah beri, buah kering, cokelat, atau karamel.

Strawberry Panacotta termasuk camilan sehat karena diolah dari bahan-bahan yang kaya nutrisi bermanfaat. Sebut saja salah satunya susu. Tentu Milk Lovers sudah paham betul kandungan dalam susu dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Karenanya olahan camilan dari susu dan buah strawberry ini layak disantap sebagai camilan sehat bersama orang terkasih.

Resep Strawberry Panacotta

Sekali gigit dijamin kamu akan langsung ketagihan. Rasa panacotta yang begitu creamy dengan tekstur lembut seolah tidak berhenti menggoyang lidah. Strawberry Panacotta ini pun merupakan hidangan penutup yang pas di waktu makan siang kamu. Sedikit rasa asam buah strawberry pastinya akan memberi suntikan kesegaran tersendiri.

Untuk bisa mencicipi kesegaran Strawberry Panacotta, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Tidak sulit bila kamu mengikuti resep camilan sehat Strawberry Panacotta berikut ini:

Bahan-Bahan

  • 150 ml susu cair
  • 500 ml Krim kental
  • 100 gram gula pasir
  • 15 gram gelatin bubuk (tim dengan 3 sdm air panas sampai larut)
  • 2 sdt vanili bubuk

Saus

  • 250 gram buah strawberry
  • 1,5 sdm gula pasir
  • 0,5 sdt vanilla bean

Cara Membuat Puding

  1. Untuk membuat puding campurkan larutan gelatin dengan susu cair, lalu aduk sampai rata. Sisihkan.
  2. Panaskan gula pasir dan krim di atas api kecil, pastikan untuk terus diaduk sampai gula larut. Angkat dan sisihkan.
  3. Masukkan campuran larutan gelatin dan susu cair ke dalam larutan gula pasir dan krim. Aduk-aduk selagi masih panas sampai gelatin benar-benar larut dan matang.
  4. Saring adonan puding yang sudah jadi lalu cetak ke dalam mangkok kecil.
  5. Simpan mangkok kecil berisi adonan puding di dalam lemari es sampai puding mengeras.

Cara Membuat Saus

  1. Sembari menunggu puding mengeras, buat puding dengan memasukkan semua bahan yang dibutuhkan.
  2. Haluskan menggunakan mesin blender sampai halus.
  3. Masukkan dalam mangkuk khusus lalu simpan dalam lemari es.
  4. Keluarkan puding yang sudah jadi, lalu sajikan dingin bersama sausnya.

Bagi Milk Lovers yang menginginkan rasa saus strawberry yang lebih asam, bisa membuat saus dari buah strawberry yang sudah ranum yang sebelumnya disimpan dalam lemari es selama 24 jam. Pada resep camilan sehat Strwaberry Panacotta di atas ditambahkan lada hitam seperlu menambah cita rasanya. Bila kamu kurang suka dengan  vanilla bean bisa menggantinya dengan brown sugar atau madu. Bebas sesuai selera. Sekian dan selamat mencoba!