Bayi memerlukan makanan pendamping ASI secara bertahap. Biasanya tahapan dimulai dari makanan berupa cairan, makanan yang telah dihaluskan, dan makanan padat. Bagi Milk Lovers yang memiliki bayi usianya 6 – 12 bulan, diperlukan makanan pendamping yang setengah padat dan lembek. Salah satunya adalah bubur buah. Bubur ini sangat tepat untuk memenuhi gizi dan nutrisi selain dari ASI. Bubur alpukat adalah pilihan tepat sebagai makanan pendamping ASI.

Manfaat Bubur Alpukat untuk Bayi

Bubur alpukat adalah makanan pendamping ASI yang tepat. Pemberian alpukat bisa dilakukan saat si kecil berusia 6 bulan. Buah alpukat adalah jenis buah yang amat penting untuk perkembangan si kecil. Buah alpukat mengandung zat – zat penting seperti lemak tak jenuh yang baik untuk perkembangan bayi dan pertumbuhan otak si kecil. Alpukat mengandung asam folat, vitamin E, zat besi, dan beta karoten. Semua zat ini sangat diperlukan oleh bayi di dalam perkembangan otak dan sistem syarafnya. Buah alpukat juga mengandung sodium dan kolesterol yang membuat tubuh si kecil lebih kuat dan sehat.

Resep Bubur Alpukat untuk Si Kecil

Makanan lunak seperti bubur alpukat sangat tepat sebagai makanan pendamping ASI. Makanan ini mudah sekali dibuat di rumah dengan bahan – bahan sederhana. Ada beberapa resep membuat bubur alpukat untuk si kecil.

Resep Bubur Alpukat Murni

Untuk membuat bubur alpukat, bubur alpukat murni terbuat dari buah alpukat asli dan segar dengan hanya tambahan susu saja untuk melarutkan buah alpukat ini.

Bahan Bubur Alpukat Murni

  • 100 gram alpukat matang, dikeruk dagingnya
  • 60 ml ASI atau susu formula

Cara Membuat Bubur Alpukat Murni

Untuk membuat bubur alpukat murni ini sangat mudah sekali. Masukkan daging alpukat yang sudah dikeruk ke dalam blender. Tambahkan susu formula atau ASI ke dalam blender. Haluskan daging buah alpukat sampai lembut.

Resep Sweet Potato dan Avocado Dinner

Resep bubur alpukat alternatif lainnya untuk si kecil adalah sweet potato dan avocado dinner. Resep ini cocok sekali untuk si kecil.

Bahan – Bahan

  • 1 buah kentang berukuran kecil
  • 1 buah alpukat matang, kupas

Cara Membuat Sweet Potato dan Avocado Dinner

Untuk membuat resep bubur alpukat ini, pertama – tama panggang kentang sekaligus kulitnya selama 45 menit atau sampai empuk. Kemudian, kupas kentang setelah dingin dan hancurkan daging kentang. Lalu, hancurkan daging alpukat dan kentang bersamaan di dalam blender. Bubur alpukat kentang ini siap disajikan untuk si kecil.