Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang cantik? Saat ini kulit wajah cantik selalu identik dengan kulit putih, bersih, dan bercahaya. Hampir semua gadis mendambakan memiliki kulit yang putih. Sayangnya, iklim di Indonesia yang tropis menjadikan wanita Indonesia cenderung memiliki kulit kuning langsat atau sawo matang. Bahkan tidak sedikit yang berkulit gelap. Walaupun demikian, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih putih mulai dari cara alami hingga pengobatan dan operasi.

Bagi Milk Lovers yang ingin memiliki kulit wajah lebih putih dengan cara yang aman, menggunakan bahan – bahan alami tentu merupakan pilihan yang bijak. Bahan alami lebih ramah untuk tubuh dan tidak menimbulkan efek samping. Beberapa bahan yang telah dikenal luas mampu memutihkan wajah adalah tomat, susu, dan oatmeal. Masing – masing bahan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit sekaligus mampu memberikan efek mencerahkan.

Selama ini tomat dan oatmeal sudah cukup banyak digunakan untuk bahan utama pil anti penuaan di India. Padahal lebih dari itu, tomat dan oatmeal sebenarnya juga dapat menjadikan wajah terlihat lebih cerah. Mengapa bisa demikian? Tomat dan oatmeal dapat memperbaiki dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet dari cahaya matahari.

Warna merah alami yang terdapat pada buah tomat merupakan pigmen likopen di mana zat tersebut terbukti efektif menjadi antioksidan dan mampu mencegah serangan kanker kulit. Likopen bekerja dengan cara menghancurkan radikal bebas di dalam tubuh yang disebabkan oleh polusi dan rokokradikal bebas dalam tubuh yang diakibatkan oleh rokok dan polusi. Untuk memutihkan wajah dengan tomat, susu, dan oatmeal caranya sangat mudah yaitu dengan membuat masker dari ketiga bahan ini. Bahan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:

Resep 1

  • 250 ml susu
  • 1 buah tomat berukuran sedang

Setelah semua bahan tersedia, campurkan buah tomat yang sudah dihancurkan ke dalam susu. Masukkan ke dalam lemari es. Setelah itu gunakan sebagai masker di wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Bilas wajah dengan air sampai bersih. Pemakaian masker susu dan tomat ini sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu untuk mendapatkan wajah yang lebih cerah dan bercahaya.

Resep 2

  • ¼ cangkir oatmeal
  • Susu secukupnya

Cara membuat masker oatmeal ini sangat mudah. Milk Lovers tinggal menuangkan susu ke dalam oatmeal secukupnya sampai teksturnya berbentuk seperti pasta. Setelah itu, oleskan di wajah secara merata. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas sampai bersih.

Untuk menjaga agar kulit tetap lembab, masker oatmeal ini sebaiknya tidak digunakan setiap hari karena oatmeal bersifat seperti scrub. Perawatan ini sebaiknya dilakukan satu minggu sekali.