Susu ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Nah, apa-apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh anak-anak ketika mengkonsumsi susu? Untuk Milk Lovers yang penasaran, langsung saja berikut ulasan selengkapnya.

Manfaat Susu Untuk Anak

  1. Dapat menjaga kesehatan tulang

Sebaiknya mengonsumsi susu sudah dibiasakan sejak kecil. Karena susu memiliki banyak manfaat untuk anak-anak, salah satunya adalah menjaga kesehatan tulang.  Selain itu, susu juga baik untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan anak secara keseluruhan.

  1. Mendukung berat badan yang sehat

Tahukah Milk Lovers bahwa mengonsumsi susu dapat menjaga massa otot tubuh dan mendukung penurunan berat badan. Sebuah penelitian meta analisis oleh Angela Rowan, General Manager Nutrition Nelson, memaparkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi susu ternyata memiliki 38% lebih rendah terkena risiko diabetes, jika dibandingkan anak-anak yang tidak mengonsumsi susu.

  1. Menguatkan gigi

Di dalam susu terdapat kandungan fosfor dan kalsium. Kedua kandungan tersebut sangat penting untuk perkembangan kesehatan gigi anak. Fosfor dan kalsium secara bersama-sama dapat membantu menjaga kesehatan gigi.

Walaupun susu memiliki banyak manfaat untuk anak-anak, namun Milk Lovers juga wajib mengetahui bahwa susu tidak boleh diberikan dekat-dekat dengan jam makan sang anak. Mengapa demikian? Yang jelas, Milk Lovers harus menyimak paparan berikut ini.

Alasan Susu Tidak Baik Diberikan Dekat-Dekat Dengan Jam Makan Anak

Anak-anak tentunya sudah terbiasa untuk mengonsumsi susu. Namun, yang harus diingat adalah jika Milk Lovers memberikan sang anak susu, sebaiknya hindarilah waktu dekat-dekat jam makannya. Menurut Dr. Yulianto, dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, memaparkan bahwa zat gizi yang terdapat pada susu, salah satunya kalsium sangat baik untuk tulang. Namun, di satu sisi ketika susu diberikan bersamaan dengan makanan, maka kalsium dapat mengikat zat besi yang ada pada bahan makanan sang anak. Jika terus-menerus seperti ini, pastinya anak akan terkena anemia.

Beliau juga menambahkan bahwa hati-hati ketika anak-anak mengonsumsi susu yang banyak, bersamaan dengan konsumsi makanan yang banyak, tentunya sang anak akan kelebihan berat badan. Alangkah baiknya jika susu diberikan pada jam-jam snack saja. Bisa di sela-sela jam sarapan pagi, jam makan siang, maupun malam. Agar bisa menerapkan hal seperti ini, maka Dr. Yulianto menekankan jika orang tua harus secara ketat mengatur jam makan anaknya. Janganlah memberikan snack pada jam makannya. Dan jika anak tidak mau makan, janganlah hanya diberikan susu, karena susu hanya untuk pelengkap saja.