Berpikiran positif memang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, emosi, maupun mental. Meski demikian, sadarkah Milk Lovers kalau berpikiran positif yang berlebihan malah bisa menghalangi kesuksesan?

Meskipun beragam penelitian dan buku-buku saat ini banyak yang menjelaskan bagaimana berpikir positif dapat mengubah pola pikir agar bisa mendukung kesuksesan, Milk Lovers perlu berhati-hati. Sebab, tidak semua hal tersebut benar, lho!

Seperti yang dikutip dari BBC dan dilansir dari detikHealth, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui soal berpikiran positif, dan bagaimana terlalu berpikir positif malah bisa menghambat langkah Milk Lovers menuju kesuksesan. Hmm, apa saja ya? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

  • Berpikir Positif Juga Harus Realistis

Memang benar bahwa berpikir positif bisa memengaruhi perasaan sehingga ikut merasa bahagia. Meski demikian, Milk Lovers juga harus menyadari bahwa Milk Lovers perlu berpikir realistis. Sebab, dalam menjalani aktivitas sehari-hari, pasti aka nada rintangan dan masalah yang harus dihadapi. Artinya, perjalanan Milk Lovers menuju kesuksesan tidak selalu indah dan mulus, karena kesuksesan juga diraih dengan kerja keras dan segala cobaan yang wajib diatasi.

  • Memicu Fantasi yang Memikat

Tak jarang, pikiran yang terlalu positif menimbulkan bayangan imajinasi atau fantasi yang begitu indah. Saking indah dan menggodanya fantasi tersebut, tak sedikit orang yang kemudian malah hanyut di dalam bayangan tersebut, bukannya kembali ke realita untuk bekerja keras agar imajinasi tersebut bisa terwujud jadi nyata.

Contohnya seorang pemuda yang baru saja lulus dan mendapatkan gelar sarjana, alias fresh graduate. Ia membayangkan mudahnya mendapatkan pekerjaan impian dengan gaji tinggi, yang malah membuatnya terlena dan tidak mengeluarkan usaha 100% untuk mendapatkan pekerjaan. Sebaliknya, jika lulusan sarjana tersebut menyadari kesulitan dan tantangan dalam mendapatkan pekerjaan, ia justru akan berusaha lebih keras karena tahu kalau mendapatkan pekerjaan impian tidaklah semudah yang ia bayangkan,

  • Pikiran Positif Bisa Bantu Kobarkan Semangat, Tapi Hanya dalam Waktu Sementara

Coba Milk Lovers ingat-ingat kapan terakhir kali Milk Lovers benar-benar bekerja keras untuk mewujudkan impian sesuai dengan rencana yang dibuat? Tak jarang, orang-orang mengalami penurunan semangat dan gairah seiring dengan berjalannya waktu. Alasannya karena pikiran positif yang ia miliki rupanya tidak kuat ketika harus menghadapi berbagai kesulitan yang datang.

  • Ada Kecenderungan Meremehkan Risiko

Risiko adalah sebuah konsekuensi yang pasti selalu ada dalam setiap tindakan atau keputusan yang dibuat. Karena itulah Milk Lovers harus terus mempertahankan pikiran realistis sambil berpikir positif. Sebab, dengan begitu, Milk Lovers bisa menyadari risiko yang mungkin timbul, sehingga bisa merencanakan langkah-langkah yang perlu dilakukan demi meminimalkan risiko tersebut.

  • Mengabaikan Adanya Kemungkinan Terburuk

Ketika Milk Lovers terlalu berpikir positif, Milk Lovers jadi mengabaikan juga adanya situasi atau kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Akibatnya, ketika situasi tidak berjalan seperti yang diinginkan, Milk Lovers jadi tidak tahu apa yang harus dilakukan, bahkan bisa jadi memutuskan menyerah begitu saja. Kalau Milk Lovers menyerah, bagaimana kesuksesan bisa diraih, kan?

Dalam mewujudkan mimpi dan kesuksesan, Milk Lovers memang perlu berpikir positif. Hanya saja, hal tersebut bukanlah satu-satunya bekal yang harus dimiliki. Justru adanya perasaan skeptis bisa meningkatkan kewaspadaan Milk Lovers, kemudian mendorong Milk Lovers untuk membuat rencana yang lebih menyeluruh, termasuk dalam meminimalkan risiko dan menghadapi kondisi sulit yang bisa timbul.