Milk Lovers, susu merupakan makanan yang dikatakan hampir sempurna karena kandungan gizi di dalamnya. Dalam susu, terkandung Vitamin, mineral, kalsium, protein, lemak dan berbagai zat penting lainnya bagi kesehatan dan pertumbuhan kita. Tidak hanya itu, susu pun sangat penting untuk membantu anda tampil tetap cantik dan lebih percaya diri.

Tapi tahukah anda jika susu terbagi dalam beberapa jenis. Jika di lihat dari sumber susu itu sendiri, susu terbagi dalam dua jenis, yakni susu hewani dan susu nabati. Susu hewani merupakan sumber susu yang berasal dari hewan-hewan mamalia, seperti Sapi, kerbau, Kambing, Kuda, Unta, Yak dan lainnya.

Sedangkan untuk susu nabati, merupakan susu yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Contohnya saja susu kedelai yang terbuat dari kedelai dan lainnya. Sedangkan jika di lihat dari proses pengolahannya, susu terbagi dalam beberapa jenis, di antaranya adalah :

Susu UHT (Ultra High Temperature)

Merupakan susu cair yang dipanaskan dalam suhu sekitar 137°C dalam waktu yang sangat singkat, sekitar 2-4 detik. Susu UHT sangat praktis digunakan karena mampu bertahan selama berbulan-bulan, walaupun tidak di simpan dalam  lemari es, dengan catatan kemasannya tidak rusak atau belum di buka.

 Macam-Macam Jenis Susu - proses

Susu Steril

Merupakan Susu homogen yang biasanya dikemas dalam botol atau kaleng steril yang terlebih dahulu sudah dipanaskan dalam suhu 110°C. Susu ini biasanya terlihat lebih kental dan mampu bertahan lama, bahkan sampai tahunan walaupun tanpa di simpan dalam lemari es.

Susu Evaporasi

Merupakan Susu kental tawar yang sudah diuapkan sebagian airnya sampai menjadi kental. Susu ini sendiri bisanya sering dipakai sebagai pengganti krim untuk campuran kopi ataupun sup.

Susu Kental Manis

Sesuai dengan namanya, susu jenis ini sangat kental dengan rasa yang sangat manis. Rasa manis ini sendiri umumnya di dapatkan dari gula tambahan yang dilarutkan dalam proses pembuatannya.

Susu Bubuk

Merupakan susu susu segar yang kemudian di oleh hingga dan berbentuk serbuk susu. Susu ini sendiri terbagi dalam beberapa jenis, ada susu yang penuh dengan kandungan lemak (full cream), ada juga jenis susu bubuk yang sudah dibuang sebagian lemaknya (low fat) atau bahkan ada juga jenis susu yang tanpa lemak (skim/non fat).

Semua jenis susu di atas tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Bagaimana dengan Milk Lover sendiri, susu manakah yang paling seiring anda konsumsi?