Hampir semua orang punya minimal satu hobi. Entah itu membaca, memasak, foto-foto, menulis, hingga menjajal olahraga ekstrem. Namun, apa Milk Lovers tahu kalau hobi ternyata punya dampak positif selain mengisi waktu luang, yakni meningkatkan kesehatan mental?

Ya, kesehatan mental rentan mengalami masalah juga. Pemicunya pun beragam, dari stres berkepanjangan, trauma, hingga burnout. Dengan hobi, Milk Lovers dapat menyeimbangkan kesibukan sekolah atau kerja dengan kegiatan yang benar-benar disukai. 

Untuk lebih lengkapnya, simak manfaat hobi buat kesehatan mental berikut ini!

  • Memisahkan Diri dari Sekolah atau Kantor

Memiliki hobi bakal menyadarkan Milk Lovers bahwa kehidupan tak hanya berpusat di sekolah atau kantor. Setelah disibukkan dengan tugas, pekerjaan, atau kegiatan lainnya, hobi bak pelepas penat paling mudah dan murah yang bakal meringankan beban Milk Lovers. Kemudian, berbeda dengan tugas atau pekerjaan, hobi sifatnya tak mengekang. Sehingga Anda bisa menjalaninya sesuka hati sampai benar-benar puas.

  • Melepas Stres dan Tekanan Psikis Lainnya

Dilansir dari Shape.com, sebuah studi yang diterbitkan dalam Annals of Behavioral Medicine pada 2015 membuktikan bahwa 34% responden tak merasa stres maupun sedih (18%) saat berekreasi. Tak hanya itu, rekreasi dapat melambatkan detak jantung berkat efek menenangkan yang mampu bertahan selama berjam-jam. Dengan kata lain, rekreasi membuat Milk Lovers jauh dari risiko stres dan tekanan psikis lainnya.

  • Mengurangi Risiko Masalah Mental

Bukan cuma melepas stres, hobi yang Milk Lovers jalani akan mengurangi risiko masalah mental. Studi yang diterbitkan dalam Taylor & Francis Online pada 2016 menyebutkan partisipasi responden dalam aktivitas santai berbasis komunitas akan menyembuhkan gangguan mental. Hal tersebut disebabkan kegiatan yang bersangkutan mampu memupuk rasa percaya diri serta membangun hubungan sosial dengan orang lain.

  • Bertemu dengan Teman-Teman Baru

Tak sedikit hobi yang menggerakkan banyak orang berkumpul dalam satu komunitas. Di sana, Milk Lovers dapat bertemu dengan teman-teman baru yang punya minat serupa. Bahkan komunitas kerap kali dijadikan sebagai tempat berbagi ilmu dan pengalaman. Belum ada komunitas hobi di daerah atau kota Milk Lovers? Buat saja sendiri! Menyebarkannya di media sosial akan membantu komunitas yang Milk Lovers bangun tumbuh besar.

  • Mengoptimalkan Kesehatan Tubuh

Hobi yang Milk Lovers lakukan berkaitan dengan olahraga atau latihan fisik? Selain dapat melepas pikiran dari tekanan, kegiatan yang dijalankan jelas akan berdampak pada kesehatan tubuh. Malah Milk Lovers yang awalnya malas berolahraga dapat termotivasi buat rutin praktik gara-gara hobi tadi. Bukan cuma itu, Milk Lovers pun akan selalu meluangkan waktu di antara kepadatan sehari-hari demi menjalani hobi tadi.

Bagaimana, Milk Lovers? Makin semangat mencari dan menekuni hobi demi kesehatan mental?