Jika dibandingkan dengan area kulit lainnya, sikut dan lutut cenderung memiliki warna yang jauh lebih gelap. Hal ini disebabkan karena kedua area tersebut memiliki kulit yang lebih tebal ketimbang area kulit lainnya. Selain itu, sikut dan lutut pun cenderung memiliki lebih banyak lipatan.

Kondisi ini makin diperparah dengan tidak adanya kelenjar minyak di area ini, yang membuatnya akan terasa lebih kering dan kasar.

Selain faktor tersebut, lutut yang hitam pun bisa disebabkan karena faktor eksternal, seperti masalah ketidakseimbangan hormon, menumpuknya sel kulit mati karena jarang atau bahkan tidak dibersihkan dengan maksimal, obesitas, peningkatan produksi melanin dan paparan sinar matahari.

Adakah cara untuk mengatasi masalah lutut yang hitam?

Tentu saja ada Milk Lovers ! Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memutihkan kembali lutut Anda yang menghitam, salah satunya dengan ramuan susu dan baking soda. Jika dilakukan secara rutin, perawatan ini akan membuat lutut terlihat lebih cerah dan warnanya rata dengan kulit lainnya.

Berikut merupakan resep membuat masker untuk memutihkan dan mencerahkan lutut. Untuk informasi, ramuan ini pun bisa digunakan untuk mencerahkan sikut.

Bahan

  • 1 sdm baking soda
  • 50 ml Ultra Milk Full Cream

Cara membuat

1. Campurkan semua bahan, kemudian aduk hingga berbentuk pasta.

2. Aplikasikan ramuan hingga merata ke seluruh permukaan kulit, kemudian tunggu hingga 20 menit atau

3. Setelah itu, rontokkan sisa ramuan dengan cara memijat kulit dengan gerakan memutar. Lakukan secara perlahan hingga semua ramuan rontok.

4. Terakhir, bilas lutut hingga bernar-benar bersih.

Baking soda merupakan bahan yang cukup efektif untuk membersihkan dan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Sementara susu dikenal sebagai simber lactid acid, sejenis zat yang cukup aktif untuk mencerahkan kulit, dan membuatnya terasa lebih lembut.

Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya lakukan treatment ini 2-3 kali dalam seminggu hingga lutut benar-benar cerah dan warnanya setara dengan area kulit lainnya. Jangan lupa, jaga kelembaban area lutut dengan mengenakan lotion. Selamat mencoba Milk Lovers!