Selama banyak dari kita yang hanya menikmati susu untuk diambil manfaat kalsium dan proteinnya yang sangat tinggi. Bahkan khusus untuk kalsium, susu merupakan sumber kalsium terbaik yang berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi, sekaligus menjauhkan risiko osteoporosis.

Padahal selain manfaat tersebut, ternyata susu diklaim sebagai bahan alami untuk mencegah datangnya penuaan dini, dan menjaga kulit terlihat lebih segar dan awet muda. Berikut merupakan trik mencegah datangnya keriput dengan susu.

Dijadikan sebagai masker

Khusus untuk wajah, Anda bisa menggunakan susu sebagai masker. Selain bersifat membersihkan dan mampu mengangkat sel kulit mati. Selain itu, susu pun mampu menutrisi kulit dan membuatnya terlihat lebih muda, kenyal dan tampak cerah.

Caranya, tuangkan susu UHT putih ke dalam wadah kecil, kemudian dengan menggunakan kapas, oleskan susu ke permukaan wajah secara merata. Tunggu hingga kering, kemudian pijat wajah dengan gerakan memutar dan terakhir, bersihkan wajah dengan air bersih.

Digunakan sebagai scrub dan mandi susu

Selain digunakan sebagai masker, Anda pun bisa menggunakan susu sebagai atau bahan untuk mandi susu. Untuk scrub, campurkan susu bubuk dengan oatmeal dan tambahan sedikit air. Aduk hingga merata dan berbentuk pasta, kemudian gunakan sebagai scrub atau bisa juga sebagai lulur tubuh.

Sementara untuk mandi susu, Anda tinggal menambahkan beberapa sendok susu bubuk atau bisa juga susu cair ke dalam bak rendam, tambahkan beberapa kelopak bunga mawar, dan gunakan untuk berendam. Proses mandi susu ini baiknya dilakukan setelah luluran.

Dikonsumsi langsung

Selain baik untuk kesehatan tulang dan memaksimalkan kebutuhan nutrisi harian Anda, konsumsi susu secara rutin efektif untuk meningkatkan sistem metabolisme, memaksimalkan proses regenerasi kulit dan menjaga kelembaban kulit dari dalam.

Idealnya, Anda disarankan untuk mengonsumsi susu 2-3 gelas per hari, dengan ukuran gelas takar 200-250 ml. Jangan lupa, maksimalkan asupan nutrisi susu dengan konsumsi makanan sehat, terutama makanan dengan kandungan vitamin E. Selamat mencoba!