Ada satu lagi wahana wisata yang disajikan di Yogyakarta, yakni atraksi wisata yang akan membuat pengetahuan seputar bertani Anda bertambah. Dia adalah atraksi belajar bertani dan menikmati Museum Tajin Jawa di Desa Wisata Candran.

Desa wisata ini berada di dusun Mandingan, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Desa ini dihuni oleh sekitar 315 kepala keluarga, dengan 35 persen penduduknya merupakan petani dan peternak yang masih setia menggunakan teknik tradisional.

Luas wilayahnya terbilang sangat besar Milk Lovers, dengan total lahan pertaniannya mencapai 20 hektar. Suasana Jawa yang begitu kental bahkan sudah mulai terasa sejak memasuki wilayah ini, baik dari perilaku masyarakat sekitar ataupun bangunan-bangunan rumah yang mereka bangun.

Menariknya, di sini terdapat pula sebuah museum kecil yang dikenal dengan nama Museum Tani Jawa. Di museum ini, Anda akan disuguhi dengan berbagai peralatan bertani tradisional yang disimpan dan dijadikan sebagai barang pajangan untuk para turis.

Contohnya saja luku, gosrok, garu, membatik, candran, sabit, gathol dan peralatan tradisional lainnya. Selain itu, ada juga perlengkapan memasak tradisional yang sangat sulit ditemukan di era modern ini, seperti anglo, talenan, pipisan, ungkal, gancu, telenan potong, dan lainnya.

Konon, semua barang yang disimpan di museum ini rata-rata sudah berusia sekitar 50 tahun dan merupakan koleksi pribadi warga sekitar. Walaupun begitu, beberapa pelengkapan tradisional ini ada juga yang merupakan sumbangan warga yang berasal dari luar kabupaten Bantul.

Untuk bisa menikmati suasana pedesaan khas ala Desa Wisata Candran, Anda bisa memilih beberapa paket wisata, antara lain paket kegiatan bertani hingga aktivitas membajak sawah dengan menggunakan kerbau atau sapi, dan paket wisata tandur alias menanam padi.

Ada pula paket lainnya yang meliputi kegiatan membatik dengan cara tradisional, membuat apem dan berbagai makanan tradisional lainnya.

Suasana yang dibangun benar-benar ramah dan sangat tradisional Milk Lovers. Sangat pas dinikmati oleh Anda dan keluarga yang ingin merasakan sensasi kehidupan tradisional, lengkap dengan suasana perkampungan yang masih sangat asri. So, kapan-kapan main yuk ke Desa Wisata Candran!