Danau Cilembang yang berada di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, bisa dibilang bukti jika Sumedang tidak hanya sekedar punya kuliner tahu dan Cadas Pangeran saja. Daerah ini pun punya banyak kekayaan yang patut dibanggakan, salah satunya alam yang masih segar.

Danau Cilembang sendiri belakangan ini dikenal karena mampu menyajikan pemandangan unik berupa air yang sangat jernih berwarna biru terang.

Selain dikenal dengan nama Danau Cilembang, danau cantik ini pun dikenal dengan beberapa nama lainnya, seperti Sirah Cilembang, Situ Cilembang hingga Danau Biru Hariang Cilembang. Kemudian ada juga yang menyebut danau ini sebagai Labuan Cermin Sumedang.

Untuk julukan yang terakhir memang cukup beralasan. Pasalnya, keindahan Danau Cilembang bisa dikatakan setara dengan Labuan Cermin yang berada di Biduk-Biduk, Kalimantan Timur, yakni sama-sama memiliki air jernih berwarna biru terang.

Dikenal lebih dulu di dunia maya

Ada satu hal yang menarik dari Danau Cilembang. Dulunya, danau kecil ini kurang dikenal, dan tidak masuk dalam salah satu daftar destinasi wisata di Sumedang. Tapi setelah foto-foto kecantikannya tersebar luar di Instagram, popularitas danau ini pun langsung melonjak.

Bagaimana tidak, di sana mata Anda akan dimanjakan dengan deretan pohon rimbun dan bebatuan besar di sekitar danau, lengkap dengan kumpulan ikan yang hidup di dalamnya. Saking jernihnya, Anda bisa melihat langsung ikan-ikan tersebut dengan mata telanjang.

Jika beruntung, di sini pun Anda bisa menjumpai kura-kura air tawar, dan sederet binatang airnya lainnya. Sayang Milk Lovers, setiap pengunjung dilarang keras untuk mencelupkan kakinya, apalagi sampai berenang demi mencicipi kesegaran air di Danau Cilembang.

Yang diizinkan hanya melihat, berfoto dan cuci muka saja. Alasannya, selain karena ingin menjaga keasriannya, Danau Cilembang pun masih sangat dikeramatkan oleh penduduk sekitar. Bahkan untuk hari Selasa dan Jumat, Anda dilarang untuk mengunjungi danau ini.

Gimana Milk Lovers, tertarik untuk mengunjungi danau eksotis ini? Tapi ingat ya, jadilah traveler bijak dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, dan pastikan Anda mematuhi segala aturan yang berlaku di sana. Selamat jalan-jalan!