Siapa yang tidak kenal dengan salah satu film fenomenal berjudul Lord of the Ring. Selain tokoh-tokoh dan jalan cerita yang menarik, para penonton terpukau dengan setting tempat film tersebut. Menariknya lagi, hutan yang mirip dengan hutan di Lord of the Ring tersebut nyata dan ada di Indonesia. Jika di film Lord of the Rings ada Hutan Fangorn, maka di Banyuwangi ada Hutan De Djawatan.

Hutan De Djawatan yang diklaim mirip dengan Hutan Fangorn di film Lord of the Ring ini berlokasi di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi. Pohon yang tumbuh di hutan tersebut adalah jenis pohon trembesi. Menariknya, pohon-pohon trembesi tersebut sudah berusia lebih dari 100 tahun.

Tidak heran jika bentuk pohon tersebut sudah menjulang tinggi dengan banyak cabang. Seiring dengan berkembangnya Hutan De Djawatan sebagai tempat wisata populer di Banyuwangi, hutan tersebut saat ini sudah dihias sedemikian rupa sehingga lebih terlihat menarik termasuk dengan payung warna-warni, truk bekas dan bangku-bangku kayu.

Lokasinya juga sangat cocok untuk para fotografer atau mereka yang suka berswafoto karena menghadirkan spot-spot yang menarik. Karena itu pula, banyak para calon pasangan yang memilih Hutan De Djawatan sebagai lokasi foto pre wedding mereka. Bagi yang suka berswafoto, spot-spot di hutan ini sangat instagramable.

Selain itu, suasananya sangat redup dengan udara yang segar sehingga sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sambil berjalan-jalan santai. Jika sudah lelah berkeliling, disediakan beberapa bangku untuk duduk santai sambil menikmati makanan ringan. Fasilitas pun sudah mulai dilengkapi dengan adanya toilet dan mushola. Saat ini Hutan ini dikelola oleh pihak Perhutani dan Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi. 

Hutan De Djawatan tidak jauh dari pusat kota Banyuwangi. Perjalanan dari Banyuwangi ke Desa Benculuk hanya sekitar setengah jam saja atau sekitar 45 kilometer saja. Hutan ini sangat ramai dikunjungi saat liburan khususnya di sore hari saat matahari mulai menelusup ke sela-sela pepohonan.

Tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk menikmati keindahan Hutan De Djawatan. Cukup mengeluarkan dana Rp. 2.000 saja untuk biaya parkir kendaraan. Jadi, jika sedang berada di Banyuwangi dan ingin menghabiskan waktu di tempat yang murah meriah, langsung saja kunjungi Hutan De Djawatan bersama keluarga tercinta.

Bayangkan betapa menyenangkannya jika melihat dan merasakan langsung hutan yang sangat mirip dengan hutan di film Lord of the Rings.