Istilah love language atau bahasa cinta akhir-akhir populer di media sosial. Ada 5 love language yang dikategorikan oleh penulis Gary Chapman pada 1992, yakni quality time, words of affirmation, gifts, acts of service, dan physical touch

Lima bahasa cinta itu dikelompokkan berdasarkan cara kita menerima dan menunjukkan cinta. Meskipun kita punya semua, setiap orang punya satu bahasa cinta yang paling menonjol. Dengan memahami love language pasangan, kita jadi tahu apa yang mereka butuhkan agar merasa dicintai.

Coba ide kencan berdasarkan love language berikut agar cinta makin bersemi!

Quality Time

Pasanganmu merasa dicintai dan dihargai ketika kamu menyempatkan waktu khusus untuk dia. Meski aktivitasnya sederhana, yang penting kalian saling fokus tanpa distraksi lain.

Contohnya, rencanakan weekend trip berdua dengan syarat digital detox. Simpan dulu gadget-mu agar kalian bisa fokus deep talk. Digital detox ini juga bisa kalian terapkan saat dinner date, movie date, atau rileks bersama di spa.

Words of Affirmation

Love language ini mungkin susah untuk kamu yang lebih suka menunjukkan cinta lewat perbuatan daripada kata-kata. Tapi Ultra People harus paham, pasangan mungkin lebih merasa dicintai saat dipuji atau sekadar mendengar “i love you”.

Kalian bisa bertukar surat cinta untuk momen spesial. Ungkapkan betapa kehadirannya sangat berarti di hidupmu. Ide lain, saat pasanganmu melakukan sesuatu untukmu, sesimpel memasak sarapan atau menyeduh kopi, jangan lupa untuk mengucap apresiasi paling tulus.

Receiving Gifts

Punya love language ini bukan berarti materialistik. Namun pasanganmu berpikir ketika kamu memberi kado, berarti kamu memikirkannya. Sesimpel apapun kadonya, yang dilihat adalah usahanya.

Kamu bisa mengajaknya ke pottery atau painting class lalu saling bertukar karya. Bukan hanya sebagai kado kecil, tapi kalian juga bisa quality time. Ide lain, berikan paket treatment, bunga, atau barang DIY agar pasanganmu merasa dicintai.

Acts of Service

Pasanganmu merasa paling disayang saat kamu melakukan sesuatu untuknya. Buat hidupnya lebih mudah dengan sesekali memasak untuknya, antar-jemput, dan membantunya tanpa diminta.

Dia pasti senang saat kamu mau terlibat dalam hobinya. Orang act of service juga senang saat tiba-tiba kamu ada di luar rumahnya dan membawakan makanan. Mau coba praktikkan?

Physical Touch 

Ada yang menunjukkan cintanya lewat sentuhan seperti berpelukan atau bergandengan tangan. Saat bersentuhan dengan orang yang kita cinta, otak akan melepaskan oksitosin, sehingga kita merasa lebih rileks.

Rencanakan jalan pagi bersama, di mana kalian bisa bergandengan tangan sambil melihat pemandangan yang menyejukkan. Saat pasanganmu lelah, kamu juga bisa memijatnya.

Di antara 5 love language di atas, mana yang cocok untukmu, Ultra People?