Ask The Expert

Pertanyaan

Apa bedanya susu biasa dengan uht?

Margaretha 2 bulan lalu

Dok saya mau nanya bedannya susu biasa sama uht apa ya? Thx


Pakar Menjawab
dr. Gwenda Dellagusta Kamis, 8 November 2018

Selamat pagi.

Susu UHT adalah susu segar yang telah diolah dengan teknologi UHT (Ultra High Temperature) di mana susu dipanaskan pada suhu 135 - 140 derajat Celcius selama 3-4 detik. Pemanasan tersebut mematikan seluruh bakteri dan sporanya tanpa mengurangi gizi dan nutrisi susu, yaitu karbohidrat, protein, vitamin dan mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor. Setelah proses produksi selesai, susu dikemas dalam kemasan khusus aseptik yang mencegah udara luar, sinar ultraviolet, dan bakteri mengkontaminasi susu. Sehingga walaupun tidak mengandung pengawet, susu UHT tahan hingga 10 bulan bahkan tanpa perlu disimpan di lemari pendingin selama kemasannya masih tertutup rapat. 

Susu bubuk berasal dari susu segar yang dikeringkan, umumnya melalui proses evaporasi atau pengeringan susu dari air menggunakan spray dryer atau roller dryer. Proses evaporasi memungkinan kerusakan protein dan vitamin (terutama vit B kompleks) yang terjadi pada saat pengolahan susu cair menjadi susu bubuk lebih besar terjadi. Sehingga biasanya susu formula dalam bentuk bubuk kemudian diberikan protein dan vitamin tambahan untuk menggantikan protein dan vitamin yang rusak selama proses produksi.

Susu pasteurisasi adalah susu yang memiliki kandungan nutrisi paling mirip dengan susu segar karena susu hanya melalui proses pemanasan sederhana yang bertujuan hanya membunuh bakteri patogen yang menjadi sumber penyakit ( tidak semua bakteri yang ada di dalam susu mati ). Susu segar yang melalui proses pasteurisasi dengan suhu tinggi dipanaskan pada suhu 72 - 75 derajat Celcius selama 15 detik, kemudian dikemas lalu harus segera disimpan dalam suhu dingin. Susu pasteurisasi harus selalu dijaga temperaturnya saat disimpan atau dikirim agar kualitasnya terjaga, sehingga lebih rentan rusak.

Semoga dapat membantu dan sehat selalu.

Pertanyaan Lainnya

Faktor risiko yang dapat menyebabkan kanker serviks

Apa saja faktor risiko yang bisa menyebabkan kanker serviks?

Afif 10 hari lalu
Perbedaan stroke iskemik dan stroke hemoragik

Apa perbedaan gejala stroke iskemik dan stroke hemoragik ?

Ismatul Udma 10 hari lalu
Kuku berjamur

Apa pentebab kuku berjamur

Tika 10 hari lalu
Apakah ibu hamil boleh makan pedas?

bolehkah ibu hamil makan pedas ?

Ismatul Udma 11 hari lalu
Kulit wajah mengelupas

apa penyebab kulit wajah mengelupas dan bagaimana cara mengatasinya ?

andara 11 hari lalu

Ayo bertanya seputar kesehatan ke pakarnya!

Konsultasikan Kesehatan dan Nutrisi Milk Lovers bersama dr. Gwenda Dellagusta.