CLOSE X
Liburan ke Semarang, Jangan Lupa Pulangnya Bawa Oleh-oleh Bandeng!

Liburan ke Semarang, Jangan Lupa Pulangnya Bawa Oleh-oleh Bandeng!

Info
Info
Wednesday, 17 Jan 2018

Apa Milk Lovers senang menyantap bandeng presto? Olahan tersebut memang mudah di dapatkan di beberapa tempat, tetapi kurang lengkap kalau Milk Lovers tak membawanya langsung dari kota asalnya: Semarang!

Bandeng (Chanos chanos) merupakan ikan berduri halus yang sering kali di budidayakan di tambak dekat pantai. Di Semarang, ikan tersebut diolah dengan beragam cara, termasuk presto yang memakai uap air bertekanan tinggi. Karena termasuk buah tangan populer, bandeng presto pun tidak akan sulit ditemukan di Semarang. Milk Lovers bakal mendapati penjual bandeng presto berjejer di tepi jalan sampai ke pusat oleh-oleh. Beberapa toko ternama yang menjual makanan tersebut meliputi Bandeng Bonafide, Bandeng Juwana, Bandeng Arwana, Toko Presto, dan sejumlah pedagang kaki lima.

Dari teriyaki sampai pepes, varian bandeng presto di Semarang

Varian bandeng presto yang mereka jajakan pun semakin unik, Milk Lovers. Di Bandeng Juwana—toko yang sudah eksis sejak 1981—Milk Lovers akan ditawari bandeng presto beragam rasa. Sebut saja sate bandeng tanpa duri, bandeng presto rasa teriyaki, bandeng presto dalam sangkar (terdiri atas 3-4 ekor), bandeng otak-otak, bandeng duri lunak, bandeng vakum, dan bandeng asap duri lunak.

Uniknya lagi, ada menu baru bernama bandeng pepes tanpa duri. Menu ini juga tersaji dalam beberapa rasa seperti jantung pisang, daun singkong, hingga nangka muda. Seperti pepes lainnya, bandeng pepes tanpa duri dibungkus dengan daun pisang. Hanya saja, sebelum dilapisi daun pisang, bandeng tersebut ditutupi dulu memakai daun nangka dan daun singkong untuk menciptakan aroma khas.

Namun, karena tidak menggunakan bahan pengawet, sebagian besar bandeng presto yang dijual tidak mampu bertahan lama. Sebaiknya, Milk Lovers segera mengolah bandeng 1-2 hari setelah dibeli. Dalam bungkusnya, tercantum tanggal kedaluwarsa yang dapat Milk Lovers periksa untuk memastikannya.

Bandeng presto bukan satu-satunya oleh-oleh menarik dari Semarang. Milk Lovers juga bisa membeli kudapan khas lainnya seperti bakpia, lumpia, kue moci, jenang/dodol, hingga wingko babat. Lumpia yang tersedia tak kalah bervariasi, lho. Pasalnya sekarang ada lumpia rasa kepiting, bandeng, ayam, hingga udang yang dapat Milk Lovers beli dan santap selama berada di Kota Atlas tersebut.

Itulah informasi seputar bandeng presto dan oleh-oleh menarik yang akan Milk Lovers jumpai saat jalan-jalan di Semarang. Kira-kira, buah tangan mana yang akan dibawa pulang?

KOMENTAR

BACK TO
TOP
Stay Connected

BE PART OF US

Daftarkan e-mail kamu dan dapatkan info / tips seputar susu dan kegiatan lainnya