Dari sekian banyak menu khas lebaran, opor yang dianggap sebagai makanan wajib Idul Fitri. Sayang, kandungan santan yang berada di dalamnya kerap membuat banyak orang menghindar dari makanan ini, terutama mereka yang bermasalah dengan kolesterol.

Selain opor, sebenarnya masih banyak lho menu khas lebaran yang diolah tanpa menggunakan santan. Mau tahu apa saja, simak yuk pemaparannya berikut ini.

Ketupat

Ketupat merupakan makanan yang berasal dari beras. Cara memasaknya cukup unik, beras yang sudah dicuci dimasukkan ke dalam ketupat yang terbuat dari daun kelapa. Setelah itu, ketupat dikukus hingga matang. Teksturnya mirip sekali dengan lontong sayur.

Jangan khawatir, makanan ini benar-benar bebas dari santan dan kerap digunakan sebagai sumber utama karbohidrat pengganti nasi putih.

Semur Daging

Semur daging merupakan salah satu makanan yang hampir tidak pernah absen saat lebaran. Makanan ini diracik dengan tambahan kecap manis, dengan tambahan rempah-rempah seperti kayu manis dan lainnya. Hal inilah yang membuat semur daging terasa sangat istimewa.

Semur daging sendiri ternyata berasal dari bangsa Belanda, yakni “Smoor” yang berarti masakan yang direbus dengan tomat hingga empuk.

Ayam Bakar Madu

Idul Fitri merupakan momen spesial, maka sangat wajar jika makanan yang disajikan pun sangat spesial, salah satunya ayam bakar madu. Sesuai dengan namanya, makanan ini disajikan dengan tambahan madu meleleh sebagai pengganti kecap.

Rasa gurih dan aroma menyegarkan khas madu akan langsung tercium begitu Milk Lovers menciduknya dari piring. Cocok banget sebagai alternatif opor.

Nastar dan Kastengel

Sama seperti semur, nastar dan kastengel merupakan makanan peninggalan Belanda. Khusu untuk kastengel, makanan ini berasal dari gabungan dua kata, Kaas dan Stengel, yang berarti keju batanga. Sesuai dengan topping yang sering ditemukan dalam makanan ini.

Menariknya, nastar dan kastengel tidak hanya jadi icon Lebaran, tapi kerap muncul juga dalam berbagai perayaan hari besar lainnya, seperti Imlek dan Natal.

Kacang Goreng

Dari kelompok makanan ringan, kacang goreng merupakan salah satu makanan khas yang sering ditemui saat lebaran. Makanan ini terbuat dari kacang tanah yang sudah dihilangkan kulitnya, diberi bumbu agar rasanya gurih.

Bagaimana Milk Lovers, sudah menemukan hidangan tanpa santan mana yang akan disajikan saat lebaran nanti?