Bagi sebagian orang, banyak minum menjadi pantangan jika hendak bepergian jauh. Hal ini umumnya dilakukan oleh orang – orang yang mempunyai kapasitas kandung kemih kecil. Mereka akan berpikir apakah nanti mereka dapat menemukan toilet yang bersih di perjalanan atau adakah toilet di sepanjang perjalanan yang dilewati. Hal ini tentu saja beresiko. Alhasil, banyak orang lebih memilih mengalami dehidrasi daripada kesulitan mencari kamar mandi.

Padahal kondisi dehidrasi sendiri tidak baik untuk kesehatan karena tubuh kekurangan asupan cairan. Ketika asupan berkurang, tentu fungsi – fungsi tubuh tidak akan berjalan optimal sehingga menyebabkan tubuh lemas dan penurunan tingkat konsentrasi.

Berdasarkan sebuah studi terbaru, minum segelas susu dingin dapat menjadi teman perjalanan yang baik. Pasalnya susu tidak akan mengganggu aktivitas berkemih Milk Lovers. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Susu merupakan minuman yang dikenal mengandung banyak nutrisi dan elektrolit kalium. Kedua kandungan tersebut tidak hanya dapat membantu tubuh tetap terhidrasi tetapi juga membuat tubuh perlu waktu yang lebih lama untuk memprosesnya. Jadi perlu waktu yang lama bagi Milk Lovers untuk pergi ke kamar mandi. Selain itu Milk Lovers juga dapat menambahkan skim bila khawatir terhadap kandungan kalsium yang ada di dalamnya.

Selama ini susu memang termasuk minuman yang cukup banyak dihindari untuk dikonsumsi sebelum perjalanan karena dikhawatirkan dapat menyebabkan mual atau mabuk perjalanan. Susu dingin tidak akan menyebabkan mual dan justru memberikan efek menenangkan sehingga dapat membantu tubuh mengelola stress. Selain itu susu juga tidak menyebabkan kantuk.

Selain minum susu, sebenarnya ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan agar perjalanan Milk Lovers lebih nyaman. Apalagi jika Milk Lovers melakukan perjalanan jauh yang memerlukan waktu berjam – jam. Berikut ini adalah tipsnya:

  • Hindari Mengkonsumsi Makanan Pedas: Tahan keinginan menyantap makanan pedas setidaknya sejak makan malam sebelum hari keberangkatan. Memang cabai mengandung banyak vitamin C. Namun cabai sangat membantu metabolisme sehingga lebih lancar. Buang air besar di toilet yang ada di tempat umum seperti bandara dan stasiun kadang mengalami kendara seperti terbatasnya toilet sehingga harus antre. Jika Milk Lovers melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi yang memerlukan waktu berjam – jam, perut yang tidak nyaman karena cabai yang berperan dalam metabolisme pasti akan sangat mengganggu
  • Jika Milk Lovers akan menyetir selama beberapa jam, sebaiknya minumlah banyak air putih dan batasi asupan karbohidrat. Pasalnya karbohidrat hanya justru menyebabkan kantuk
  • Hindari Makanan Asin: Camilan asin dapat membuat tubuh mudah haus dan dehidrasi. Pergi ke toilet hingga berulang kali karena terlalu banyak minum tentu sangat merepotkan.
  • Hindari Makanan Asam: Makanan asam dapat menyebabkan lambung bereaksi keras. Sementara itu perjalanan jauh tidak memerlukan reaksi lambung berlebihan.