CLOSE X
Hati-hati Milk Lovers, Smartphone Bisa Sebabkan Text Neck

Hati-hati Milk Lovers, Smartphone Bisa Sebabkan Text Neck

Fun Fact
Fun Fact
Monday, 15 May 2017

Makin banyak orang yang menggunakan smartphone, makin banyak pula orang yang mengeluh mengalami nyeri dibagian leher dan tulang punggung atas atau yang disebut dengan text neck. Uniknya, kasus text neck di rumah sakit, ternyata lebih banyak diderita oleh kalangan anak muda.

Dalam keterangannya, dr Todd Lanman, selaku pakar bedah saraf dari Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles, menyebut jika peningkatan kasus text neck dikalangan anak muda, berbanding lurus dengan penggunaan smartphone.

Dilansir dalam reuters, Todd menyebut jika dalam kondisi normal, posisi tulang leher agak bengkok ke belakang. Tapi saat kamu terlalu sering menggunakan smartphone dalam waktu yang lama, secara perlahan leher pun akan menjadi bengkok ke depan.

Uniknya lagi, dalam sebuah penelitian kecil yang dilakukannya, Todd menyebut jika seseorang akan cenderung menunduk dalam waktu lama saat menggunakan smartphone untuk berkirim pesan, mengunakan media sosial atau bermain games.

Sementara mereka yang menggunakan smartphone untuk menonton video atau menjelajah internet, cenderung mencari posisi yang nyaman dan aman. Hal inilah yang membuat mereka punya risiko text neck yang lebih kecil ketimbang mereka yang menggunakan smartphone untuk berkirim pesan.

Lebih lanjut lagi, Todd menjelaskan saat menghadap lurus ke depan, berat yang harus ditopang leher sekitar 4,5 s/d 5,5 kg. Makin menunduk posisi kepala, beban yang harus ditanggung leher pun makin besar. Bahkan saat menunduk 60 derajat, berat kepala bisa mencapai 28 kg lho!

Kalau sekali mungkin nggak masalah, tapi kalau dilakukan secara terus menerus, jelas ini akan jadi masalah. Secara khusus, saat anak sudah memegang gadget sejak usia 8 tahun, ada kemungkinan mereka harus melakukan operasi leher di usia 28 tahun. Gimana, ngeri banget bukan?

Makanya Milk Lovers, untuk mencegah hal ini. Todd menyarankan kamu untuk mengurangi interaksi di sosial media, pesan instant dan lainnya. Kalaupun terpaksa, sebaiknya ambil posisi yang nyaman untuk mengurangi beban leher, sekaligus mencegah terjadinya text neck.

Selain itu, perbanyak aktivitas fisik seperti berolahraga, lakukan peregangan dan konsumsi makanan yang mampu memperkuat fungsi sendi dan tulang. Dengan cara ini, text neck dijamin nggak bakalan datang menyapa. Selamat mencoba!

KOMENTAR

BACK TO
TOP
Stay Connected

BE PART OF US

Daftarkan e-mail kamu dan dapatkan info / tips seputar susu dan kegiatan lainnya