CLOSE X
Susu Jadi Kunci Sukses Bikin Latte Art yang Instagrammable, Mau Coba?

Susu Jadi Kunci Sukses Bikin Latte Art yang Instagrammable, Mau Coba?

Recipe
Recipe
Tuesday, 09 May 2017

Belakangan ini, banyak pengguna Instagram yang memamerkan gambar secangkir kopi dengan latte art cantik di atasnya. Tidak hanya gambar, bahkan beberapa peracik kopi pun kerap menyelipkan pesan-pesan khusus yang membuat latte art ini makin mempesona.

Kira-kira gampang nggak sih membuat latte art itu?

Sebenarnya membuat latte art cukup mudah kok. Pasalnya, kreasi ini hanya menambahkan beberapa bahan saja, yakni espresso yang dihiasi dengan susu hangat dibagian atasnya. Kalau ingin lebih menarik lagi, beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Menurut Luke Shilling, seorang latte artist asal Australia, seperti dilansir dalam metro.co.uk, kunci utama untuk membuat latte art keren dan layak masuk Instagram adalah ukuran karaf atau jug yang harus disesuaikan dengan cangkir kopi.

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan karaf dengan ujung runcing. Tujuannya, agar saat menuang susu, kamu bisa lebih mudah membentuk sekaligus mengontrol bagaimana dan dimana susu akan bercampur dengan espresso yang akan disajikan.

Kuncinya pada susu

Selain ukuran mug yang sesuai, pastikan tingkat kekentalan susu pun harus pas, nggak terlalu encer atau terlalu kental. Kalau terlalu encer, hasil latte art sulit untuk terbentuk sempurna. Sementara jika terlalu kental, hal ini akan memicu gumpalan susu di permukaan.

Trik lainnya, kamu wajib memanaskan susu hingga konsistensi seperti tuangan krim atau cat basah. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan susu almond dapat digunakan atau jenis susu lainnya untuk memberi jejak rasa yang berbeda pada kopi.

Trsik lainnya, kamu pun wajib mempelajari bagaimana cara mengontrol tangan dan kecepatan susu saat masuk ke dalam cangkir. Masalahnya, kebanyakan orang terkadang terlalu lambat saat menuangkan susu, sehingga timbul gumpalan yang sulit dikoreksi.

Intinya, Luke menyarankan kamu untuk lebih banyak bereksperimen dan mencari tahu bagaimana cara meracil latte art yang sempurna. Untuk masalah gambar atau pesan yang akan disampaikan, semuanya kembali sesuai dengan trik yang kamu gunakan.

Teruslah bereksperimen dan berkreasi dengan latter art kamu. Selamat mencoba Milk Lovers!

KOMENTAR

BACK TO
TOP
Stay Connected

BE PART OF US

Daftarkan e-mail kamu dan dapatkan info / tips seputar susu dan kegiatan lainnya