CLOSE X
Fakta, Penurunan Fungsi Otak Bisa Dicegah dengan Rutin Minum Susu

Fakta, Penurunan Fungsi Otak Bisa Dicegah dengan Rutin Minum Susu

Fun Fact
Fun Fact
Wednesday, 15 Mar 2017

Kandungan nutrisi dalam susu sudah lama dikenal akan khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan. Milk Lovers tentu sudah tahu tentang kalsium dalam minuman ini yang mampu menjaga kepadatan tulang hingga membantu ibu hamil untuk menjaga kandungannya. Susu juga tidak hanya dipakai sebagai salah satu pelengkap menu santapan. Di bidang kecantikan susu juga mendapatkan tempat dan dimanfaatkan sebagai bahan untuk mempercantik serta menyehatkan kulit.

Kemudahan dalam mengonsumsi susu telah berhasil menjadikannya sebagai salah satu minuman favorit di dunia. Anak-anak hingga manula dianjurkan untuk mengonsumsi susu untuk menjaga kesehatan tubuh mereka. Sampai sekarang, susu juga menjadi salah satu bahan penelitian para ilmuwan dari berbagai belahan dunia. Sebuah studi terbaru pun menunjukkan bahwa mengonsumsi susu secara rutin mampu membantu otak dalam meningkatkan fungsinya.

Konsumsi Susu untuk Menaikkan Fungsi Otak

Adalah riset dari Dairy Journal yang menunjukkan bahwa dengan meminum susu sebanyak satu gelas sehari, Milk Lovers bukan hanya mendapatkan kebutuhan yang diperlukan tubuh, tetapi juga memberikan dampak positif bagi otak maupun kinerja mental. Maka tak heran kalau ibu hamil sangat dianjurkan untuk minum susu secara teratur sejak sang bayi dalam kandungan. Kebiasaan itu rupanya membantu dalam meningkatkan fungsi jaringan otak sang jabang bayi sebelum lahir.

Kembali lagi ke Dairy Journal, sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Maine melibatkan lebih dari 900 responden; pria dan wanita dengan usia bervariasi antara 23 sampai 98 tahun. Peserta lantas diminta menilai serangkaian tes otak yang meliputi tes visual-spasial, tes kerja memori otak, hingga tes verbal. Kemudian, peneliti melacak pula kebiasaan konsumsi susu para peserta untuk mendapatkan hasil riset yang akurat dan meyakinkan.

Setidaknya, dari delapan jenis pengukuran berbeda yang berkaitan dengan kinerja mental serta tanpa tolak ukur dari usia, diketahui bahwa hanya peserta yang mengonsumsi susu sekitar satu gelas sehari yang mempunyai performa mental lebih baik dibandingkan peserta yang jarang minum susu. Selain itu, peserta yang minum susu pun cenderung mempraktikkan gaya hidup sehat dan pola makan seimbang secara menyeluruh.

Dari hasil penelitian tersebut, para peneliti menarik kesimpulan bahwa susu bukan hanya bermanfaat untuk menyehatkan tulang dan jantung, tetapi juga berpotensi untuk mencegah penurunan kinerja mental yang kerap terjadi seiring bertambahnya usia. Para ilmuwan pun mengindikasikan bahwa beberapa jenis nutrisi yang terdapat di dalam susu mampu memberikan efek secara langsung terhadap peningkatan fungsi dan kinerja otak. Meminum susu secara rutin pun akan memperlambat atau mencegah terjadinya disfungsi neuropsikologis.

Rupanya, segelas susu yang mudah diperoleh membawa banyak manfaat, ya. Jadi bagaimana, Milk Lovers? Mau menambahkan susu pada menu sehari-hari?

KOMENTAR

BACK TO
TOP
Stay Connected

BE PART OF US

Daftarkan e-mail kamu dan dapatkan info / tips seputar susu dan kegiatan lainnya