CLOSE X
4 Penyakit Ini Bisa Membuat Anak Susah Makan

4 Penyakit Ini Bisa Membuat Anak Susah Makan

Tips Kesehatan
Tips Kesehatan
Sunday, 05 Mar 2017

Pasti tidak ada orangtua yang ingin anaknya susah makan. Selain bisa membuat tubuh anak menjadi kurus, susah atau tidak mau makan akan membuat anak-anak kekurangan nutrisi yang dibutuhkan selama masa pertumbuhan.

Ada beberapa penyebab kenapa anak susah makan, dan penyakit-penyakit berikut ini adalah salah satu penyebab anak menjadi susah makan yang harus kita waspadai. Infeksi

Ada beberapa jenis infeksi yang bisa menyebabkan anak susah makan, yaitu infeksi paru-paru atau dikenal juga dengan TBC, infeksi parasit dan infeksi saluran kemih. Jika memang si kecil terdeteksi menderita infeksi-infeksi tersebut segeralah ke dokter untuk bisa mendapat pengobatan agar si kecil bisa cepat ditangani.

Hipersensitif Saluran Cerna

Penyakit hipersensitif saluran cerna, seperti alergi susu, alergi makanan, gejala maag, Gastrooesephageal Refluks, Dispepsi, Stomach Discomfort,  kekurangan enzim, dan penyerapan tidak bagus juga bisa menyebabkan si kecil susah makan.

Sama dengan bila si kecil terkena infeksi, agar anak susah makan tidak berlarut, segeralah ke dokter untuk mengobati gangguan pencernaan si kecil. Gangguan Psikologis

Gangguan psikologis yang bisa menyebabkan anak susah makan adalah kondisi rumah tangga yang kurang kondusif, suasana makan, tidak makan bersama orangtua dan anak-anak dipaksa mengonsumsi makanan yang tidak mereka sukai.

Agar anak tidak susah makan, buatlah suasana yang kondusif di rumah dengan suasana makan yang nyaman. Jangan lupa agar anak suka makan, berikan dulu makanan yang memang mereka sukai dan seiring dengan berjalannya waktu bisa mulai diberikan makanan lain yang lebih bergizi agar kebutuhan nutrisi si kecil terpenuhi. Gangguan Oral Motor

Gangguan oral motor bisa membuat si kecil mengalami kesulitan makan sehingga si kecil akan menolak untuk makan. Anak yang mengalami gangguan oral motor akan kesulitan  membuka mulut tanpa paksaan, mengunyah, sampai menelan.

Untuk mengatasinya, segeralah periksakan ke ahlinya agar kondisi anak yang susah makan bisa segera ditangani.

KOMENTAR

BACK TO
TOP
Stay Connected

BE PART OF US

Daftarkan e-mail kamu dan dapatkan info / tips seputar susu dan kegiatan lainnya