CLOSE X
Kecemasan pada Anak Bisa Dicegah dengan Terapi Keluarga

Kecemasan pada Anak Bisa Dicegah dengan Terapi Keluarga

Fun Fact
Fun Fact
Friday, 17 Feb 2017

Bila Milk Lovers memiliki anak yang penakut akan banyak hal, ada kemungkinan bila anak Milk Lovers ini mengalami kecemasan. Ada banyak penyebab mengapa seorang anak mengalami kecemasan. Mulai dari ada trauma, masih tidak mengerti hal-hal disekitarnya sehingga cemas dan takut, dan bisa juga penyebabnya datang dari keluarga. Jadi, untuk mencegah anak Milk Lovers mengalami kecemasan berlebihan ini, maka dibutuhkan terapi keluarga. Hal ini diperlukan karena ternyata, kecemasan yang ada di keluarga Milk Lovers ternyata juga bisa menular pada anak Milk Lovers.

Ada sebuah penelitian yang menemukan hal ini. Pada penelitian tersebut, terdapat 136 keluarga yang menjadi subyek penelitian. Setidaknya, terdapat satu orang tua tiap keluarga dengan anak berusia 6 hingga 13 tahun, yang mengalami gangguan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu anak mengatasi kecemasan secara mandiri.

Hasilnya sangat jelas. Untuk keluarga dan anak yang mengikuti sesi terapi keluarga, dapat menurunkan peluang terjadinya gangguan kecemasan pada anak hingga hanya 9%. Sedangkan keluarga yang tidak mengikuti sesi terapi dan hanya menerima petunjuk berupa pamflet, peluang terjadinya gangguan kecemasan melonjak hingga 21%. Dan, untuk mereka yang sama sekali tidak mengikuti dan menerima pamflet petunjuk, kemungkinan terserangnya gangguan kecemasan naik hingga 31%.

Berdasarkan National Institutes of Health, gangguan kecemasan yang dapat menyerang anak Milk Lovers dapat berupa rasa panik, phobia sosial hingga rasa cemas yang biasa ada. Yang menarik, bila Milk Lovers membiarkan rasa cemas ini terus ada, maka dapat membuatnya bertambah buruk. Saat bertambah buruk, anak Milk Lovers dapat memperoleh kecemasan baru. Jadi, bisa dikatakan, kecemasan ini melahirkan kecemasan baru. Dan, karena hal ini pula, tidak jarang bila anak mengalami tidak hanya satu jenis kecemasan saja, tetapi beberapa jenis.

Keluarga adalah sosok manusia yang paling dekat dengan si anak. Dan, Milk Lovers pasti tahu bila anak bisa dibilang sebagai mesin fotocopy super, yang mampu meniru semua hal yang dia lihat atau dengar. Hal ini artinya, bila dalam keluarga Milk Lovers terjadi gangguan kecemasan, baik pada diri sang Ayah atau Ibu, maka hal ini dapat dicontoh oleh si Anak. Jadi, dengan mengatasi masalah kecemasan yang menyerang Milk Lovers dan keluarga, maka serangan kecemasan pada anak juga dapat dicegah. Hal ini tidak hanya membawa keuntungan untuk si anak saja, tetapi juga Milk Lovers.

KOMENTAR

BACK TO
TOP
Stay Connected

BE PART OF US

Daftarkan e-mail kamu dan dapatkan info / tips seputar susu dan kegiatan lainnya