Ask The Expert

Pertanyaan

Air kelapa dan ayam arak

Wilhemina O. Heni 6 hari lalu

Pagi dok, saya mendengar jika hamil tua minum air kelapa anaknya mudah terkena kuning ? apa penyebabnya yah dokter?. dan minum.ayam.arak sambil menyusui apakah boleh dokter.


Pakar Menjawab
dr. Gwenda Dellagusta Rabu, 10 Oktober 2018

Selamat pagi.

Tidak ada hubungannya antara ibu hamil minum air kelapa pada usia kehamilan menjelang persalinan dengan kejadian kuning pada bayi baru lahir.

Jika kuning muncul sebelum bayi berusia 24 jam, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah suatu penyakit. Namun jika muncul saat bayi berusia lebih dari 24 jam, kemungkinan kuning disebabkan oleh proses normal naik turunnya bilirubin pada bayi baru lahir.

Pada usia 3 - 4 hari setelah kelahiran, kadar bilirubin bayi akan meningkat secara cepat sehingga bayi mulai terlihat kekuningan. Sampai usia ± 14 hari setelah kelahiran, kadar bilirubin akan tetap tinggi, namun mulai menurun secara bertahap. Setelah usia 14 hari setelah kelahiran, kadar bilirubin normal pada bayi akan sama dengan pada orang dewasa.

Kadar bilirubin dapat diperiksa dengan pemeriksaan darah di laboratorium. Khusus untuk bayi, selain dengan pemeriksaan darah, kadar bilirubin dapat diperkirakan dengan melihat luas bagian tubuh yang warna kulitnya berubah menjadi kuning. Warna kekuningan yang terbatas di wajah dan bagian dada di atas pusar diperkirakan kadar bilirubin kurang dari 12 mg/dL. Keadaan ini normal ditemui pada bayi setelah usia 3 - 4 hari. Warna kekuningan sampai ke bagian telapak tangan dan telapak kaki diperkirakan kadar bilirubin lebih dari 15 mg/dL.

Orangtua sebaiknya waspada jika bayi mengalami kekuningan pada kulit sejak hari pertama kelahiran, bayi tetap kuning setelah usia 14 hari, bayi mengalami gejala lain seperti muntah, tampak lemas, tidak mau menyusu, kehilangan berat badan secara cepat, kejang, dll.

Terapi yang dianjurkan dokter disesuaikan dengan kondisi klinis, kadar bilirubin, dan penyebab bayi kuning. Beberapa metode terapinya adalah berjemur di matahari pagi dengan melindungi mata bayi dari sinar matahari langsung, fototerapi yaitu bayi dimasukkan dalam suatu inkubator khusus dengan sinar biru, serta transfusi tukar.

Sebaiknya ibu menyusui tidak mengkonsumsi ayam arak karena kandungan alkohol di dalamnya dikhawatirkan dapat mempengaruhi kualitas air susu ibu dan berisiko menyebabkan gangguan kesehatan pada bayi, misalnya alergi, gangguan saluran cerna, dll.

Semoga dapat membantu.

Pertanyaan Lainnya

Apakah susu perlu dibekukan?

Untuk memperpanjang ketahanan susu, perlukah susu dibekukan?

Nadia Susan 4 hari lalu
Apakah sisa susu perlu dipanaskan lagi?

Apakah sisa susu perlu dipanaskan lagi?

Nadia Susan 4 hari lalu
Cara mengetahui penyakit jantung

Bagaimana cara mengetahui penyakit jantung?

Carista Dwi 5 hari lalu
Susu pencetus kanker

Apakah benar susu sapi pencetus kanker terbesar di dunia?

Nadia Susan 5 hari lalu
Minum susu pagi hari

Benarkah susu tidak boleh dikonsumsi pada pagi hari?

Nadia Susan 5 hari lalu

Ayo bertanya seputar kesehatan ke pakarnya!

Konsultasikan Kesehatan dan Nutrisi Milk Lovers bersama dr. Gwenda Dellagusta.