Ask The Expert

Pertanyaan

Mie instan

Wilhemina O. Heni 6 hari lalu

Pagi dokter, saya melihat mie instant korea dan Indonesia perbedaannya kalau mie instant korea,.air rebusan mie sekaligus dipakai untuk kuah sedangkan Yang Indomie saya dengar sebaiknya memganti air. Sebenarnya efek buruk.mie.instant ada pada air rebusan mie atau bumbu keringnya


Pakar Menjawab
dr. Gwenda Dellagusta Rabu, 10 Oktober 2018

Selamat pagi.

Hingga saat ini memang belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan secara pasti bahwa mie instan dapat menyebabkan gangguan kesehatan, baik itu air rebusan atau bumbu keringnya.

Mie instan mengandung banyak MSG (monosodium glutamate). Jika dimasak pada suhu 120⁰C, MSG dapat mengalami perubahan struktur kimia yang dapat menyebabkan keracunan ringan. Beberapa ahli menyebutkan bahwa jika dimasak dengan suhu 150-200⁰C, MSG menjadi zat yang berpotensi menyebabkan kanker.

Selain itu, dampak lain dari mengkonsumsi mie instan secara terus menerus adalah kegemukan (mie instan tinggi kalori dan hanya sedikit mengandung nutrisi) yang membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit seperti diabetes melitus dan gangguan jantung. Kadar garam dan lemak yang tinggi juga berisiko menyebabkan hipertensi serta hiperkolesterolemia.

Daripada bingung memikirkan bagian mana dari mie instan yang berbahaya bagi tubuh dan bagaimana cara mengolah mie instan agar tidak memberikan efek buruk bagi tubuh, alangkah baiknya jika kita memilih makanan lain yang sudah jelas lebih sehat dan lebih bernutrisi saja.

Semoga dapat membantu dan sehat selalu.

Pertanyaan Lainnya

Apakah susu perlu dibekukan?

Untuk memperpanjang ketahanan susu, perlukah susu dibekukan?

Nadia Susan 4 hari lalu
Apakah sisa susu perlu dipanaskan lagi?

Apakah sisa susu perlu dipanaskan lagi?

Nadia Susan 4 hari lalu
Cara mengetahui penyakit jantung

Bagaimana cara mengetahui penyakit jantung?

Carista Dwi 5 hari lalu
Susu pencetus kanker

Apakah benar susu sapi pencetus kanker terbesar di dunia?

Nadia Susan 5 hari lalu
Minum susu pagi hari

Benarkah susu tidak boleh dikonsumsi pada pagi hari?

Nadia Susan 5 hari lalu

Ayo bertanya seputar kesehatan ke pakarnya!

Konsultasikan Kesehatan dan Nutrisi Milk Lovers bersama dr. Gwenda Dellagusta.