Ask The Expert

Pertanyaan

Anak hanya mau minum susu

Nadia Susan 6 hari lalu

Si Kecil tidak mau makan, tapi konsumsi susunya kuat. Apakah kondisi ini baik untuk perlindungan tubuh dan prosesbelajarnya?


Pakar Menjawab
dr. Gwenda Dellagusta Rabu, 10 Oktober 2018

Selamat pagi.

Susu memang memiliki nutrisi yang cukup lengkap, namun mengkonsumsi susu saja tidaklah cukup. Manusia tetap memerlukan karbohidrat, protein, lemak, serta berbagai macam vitamin, mineral, dan serat yang tidak terkandung dalam susu. Oleh karenanya, diperlukan pola makan sehat untuk menjaga agar seluruh kebutuhan nutrisi terpenuhi.

Hindari pemberian susu terlalu banyak karena akan membuat anak kenyang dan mengurangi napsu makannya (untuk anak 6 – 8 bulan, disarankan pemberian makan 2 kali/hari dan susu 6 kali/hari; untuk anak usia 9 – 11 bulan disarankan pemberian makan 4 kali/hari dan susu 4 kali/hari; untuk anak 12 bulan ke atas, disarankan pemberian makan 6 kali/hari dan susu 2 kali/hari)

Penyebab anak susah makan yang paling sering dijumpai adalah pemberian nutrisi yang kurang tepat baik komposisi makanan, tekstur makanan dan cara pemberian makanan. 

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu menambah napsu makan anak:

  • Buatlah beberapa pilihan menu makanan dengan variasi baru dan biarkan anak memilih yang dia sukai. Biasanya anak akan tertarik mencoba sesuatu yang baru dan belum pernah dirasakannya.
  • Berikan makanan (misalnya ayam, ikan, tempe, sayur, buah, dll) yang telah dipotong kecil-kecil agar anak dapat “bermain” dan mencoba makan sendiri sambil tetap disuapi
  • Jadwalkan waktu makan dengan teratur agar anak terbiasa dengan waktu makannya dan berikan jarak minimal 3 jam di antara makan untuk menciptakan siklus lapar dan kenyang sehingga anak akan makan dalam porsi cukup pada saat waktunya makan
  • Berikan makanan sedikit demi sedikit karena lambung anak belum mampu menampung banyak makanan
  • Hindari pemberian susu terlalu banyak karena akan membuat anak kenyang dan mengurangi napsu makannya (untuk anak 6 – 8 bulan, disarankan pemberian makan 2 kali/hari dan susu 6 kali/hari; untuk anak usia 9 – 11 bulan disarankan pemberian makan 4 kali/hari dan susu 4 kali/hari; untuk anak 12 bulan ke atas, disarankan pemberian makan 6 kali/hari dan susu 2 kali/hari)
  • Ajak anak makan di meja makan (anak yang berusia lebih muda dapat menggunakan high chair) bersama anggota keluarga yang lain. Anak akan melihat bahwa makan adalah kegiatan yang menggembirakan dan melatihnya bersosialisasi dengan orang lain.
  • Hindari membiasakan anak makan sambil bermain atau menonton TV atau video. Hal ini dapat menyebabkan anak menjadi lebih fokus terhadap mainan atau tontonannya dan dapat mengurangi minat anak pada makanan.
  • Hindari paksaan, hukuman atau menakut-nakuti anak agar mau makan lebih banyak untuk mencegah waktu makan menjadi momok yang menakutkan bagi anak. Biarkan anak makan seberapa banyak yang ingin mereka makan.

Semoga dapat membantu.

Pertanyaan Lainnya

Apakah susu perlu dibekukan?

Untuk memperpanjang ketahanan susu, perlukah susu dibekukan?

Nadia Susan 4 hari lalu
Apakah sisa susu perlu dipanaskan lagi?

Apakah sisa susu perlu dipanaskan lagi?

Nadia Susan 4 hari lalu
Cara mengetahui penyakit jantung

Bagaimana cara mengetahui penyakit jantung?

Carista Dwi 5 hari lalu
Susu pencetus kanker

Apakah benar susu sapi pencetus kanker terbesar di dunia?

Nadia Susan 5 hari lalu
Minum susu pagi hari

Benarkah susu tidak boleh dikonsumsi pada pagi hari?

Nadia Susan 5 hari lalu

Ayo bertanya seputar kesehatan ke pakarnya!

Konsultasikan Kesehatan dan Nutrisi Milk Lovers bersama dr. Gwenda Dellagusta.