CLOSE X
Kesungguhan hati demi yang terbaik dari alam.
Tubuh Terasa Lemas Selama Berpuasa? Ini Solusinya

Tubuh Terasa Lemas Selama Berpuasa? Ini Solusinya

Tips Kesehatan
Tips Kesehatan
Monday, 05 Jun 2017

Lapar dan haus merupakan hal yang wajar saat Anda menjalankan ibadah puasa, tapi bagaimana kalau tubuh terasa sangat lemas dan seolah tidak bertenaga? Kalau ini tidak bisa disebut normal Milk Lovers, pasalnya selama berpuasa Anda bisa tetap bugar dan bertenaga!

Menurut Tirta Prawira Sari, dokter Spesialis Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, kecenderungan orang yang mudah lapar dan lemas selama berpuasa, kebanyakan disebabkan karena menu sahurnya kurang tepat.

Untuk mengatasi masalah ini, cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi dan efektif untuk menunda lapar. Jenis makanan ini umumnya lambat dicerna tubuh, contohnya daging, telur rebus, ikan, kacang-kacangan dan makanan tinggi protein lainnya.

Selain makanan tinggi protein, Anda pun disarankan untuk mengonsumsi makanan jenis karbohidrat kompleks atau karbohidrat yang tidak mudah dicerna, seperti roti gandum utuh, kentang rebus, nasi merah, nasi hitam, biji-bijian dan lainnya.

Khusus untuk kentang, Tirta menyarankan Anda untuk tidak membuang kulitnya. Selain itu, makanan ini pun sebaiknya dikukus atau dipanggang saja. Sebaliknya, Anda pun disarankan untuk tidak mengolah kentang dengan cara digoreng atau dibuat dalam bentuk perkedel.

Untuk menciptakan nuansa makan sahur yang bervariasi dan sehat, Tirta menyarankan untuk memberikan kombinasi nasi putih dengan biji-bijian. Contohnya, Anda bisa mengukus nasi bersama dengan kacang hijau, kacang polong atau jagung.

Dengan cara memasak seperti ini, nasi yang Anda konsumsi akan lebih lama dicerna oleh tubuh dan jauh lebih sehat. Kalau tidak mau ribet, cukup konsumsi beras merah atau beras hitam saja sebagai pengganti nasi putih.

Untuk lauknya, sangat disarankan untuk menambahkan makanan dengan kandungan protein tinggi, seperti ikan kukus, telur rebus, daging unggas atau daging merah. Sebagai tambahan, Anda pun bisa menambahkan kacang-kacangan sebagai sumber protein tambahan.

Mengenai sumber vitamin dan tambahan serat, ini bisa didapat dari buah-buahan dan sayuran segar. Beberapa sayuran dan buah yang direkomendasikan dikonsumsi saat makan sahur adalah, mentimun, brokoli, pisang, alpukat, mangga, buah pir dan apel.

Jangan lupa, sempurnakan menu sahur Anda dengan segelas susu UHT. Dengan menu yang super lengkap ini, masalah lemas dan mudah lapar selama berpuasa pun akan minggat. Jika masalah ini belum teratasi, Anda bisa datang untuk memeriksakan diri ke dokter. Selamat berpuasa!

KOMENTAR

BACK TO
TOP
Stay Connected

BE PART OF US

Daftarkan e-mail kamu dan dapatkan info / tips seputar susu dan kegiatan lainnya