Mengonsumsi susu saat sedang hamil merupakan hal yang sangat baik, bahkan banyak direkomendasikan oleh para pakar kesehatan. konsumsi susu dipercaya akan mampu memberikan nutrisi yang lengkap bagi kandungan.

Dalam segelas susu di dalamnya terkandung folat, kalsium, AA, DHA, vitamin C, B6, B1 dan nutrisi lainnya yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu dan si kecil dalam kandungan. Walaupun begitu, faktanya banyak ibu hamil yang justru tidak suka minum susu karena beberapa sebab.

Salah satu yang paling umum terjadi adalah, kebanyakan ibu hamil merasa terganggu dengan aroma laktosa yang sangat menyengat. Dalam hal ini, mencari makanan alternatif pengganti susu merupakan hal yang bisa anda lakukan. Berikut merupakan daftar makanan yang juga memiliki manfaat setara dengan susu.

  • Yoghurt, usahakan untuk memilih yoghurt tawar.
  • Keju Amerika, keju Cheddar, dan makanan olahan susu lainnya.
  • Sayur bayam, usahakan memasaknya jangan di atas suhu 90 derajat, dan masak dalam waktu yang sangat singkat. Hal ini berfungsi untuk memaksimalkan kandungan nutrisi dalam bayam.
  • Es krim, usahakan untuk mencari es krim dengan kandungan gula yang rendah. Lebih baik anda buat sendiri es krim di rumah, dan sesuaikan dengan kebutuhan nutrisi anda.
  • Oatmeal saji, usahakan mencari oatmeal tawar dan jangan memberikan gula tambahan.
  • Kentang rebus, atau bisa dimasak dengan cara dikukus.
  • Brokoli yang dimasak dengan cara dikukus atau direbus.
  • Susu kedelai, dan makanan lainnya yang kaya akan protein, zat besi, kalsium dan nutrisi lainnya.

Selain makanan-makanan di atas, anda juga sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat lainnya, seperti sayuran hijau, tempe, tahu, roti gandum, ikan salmon, kacang-kacangan, dan berbagai macam makanan lainnya yang kaya akan gizi dan protein di dalamnya.

Jika masih merasa kurang dengan makanan-makanan tersebut, anda bisa mengonsumsi suplemen tambahan khusus bagi ibu hamil. Tapi ingat, sebelum anda melakukan ini, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter agar pemberian nutrisi bagi si kecil bisa lebih efektif. Selamat mencoba! Semoga kehamilan anda terasa lebih menyenangkan, dan bisa melahirkan dengan lancar.