Sejak lama banyak pakar kesehatan yang menyarankan agar kita makan sesuai dengan kebutuhan alias tidak berlebihan. Selain itu, Anda pun disarankan agar makan secara perlahan dengan mengunyah makanan hingga lembut sebelum benar-benar menelannya.

Memang apa manfaatnya?

Dilansir dalam time.com, ajaran Ayurveda secara spesifik menyarankan agar Anda mengunyah sebanyak 30 kunyahan sebelum menelan makanan. Alasannya, dengan makan secara perlahan, organ pencernaan akan lebih mudah mencerna makanan.

Selain itu, kebiasaan ini pun akan membuat organ pencernaan lebih mudah ketika memilah komponen yang tidak diperlukan tubuh dan membuangnya lewat kotoran, untuk mendapatkan nutrisi terbaik dalam makanan dan lebih mudah menyerap nutrisi dalam makanan tersebut.

Selain itu, menurut studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, menyebut jika orang yang obesitas, akan cenderung mengunyah makanannya lebih sedikit ketimbang mereka yang memiliki berat badan normal.

Di sisi lain, ketika mereka menambah durasi mengunyah, secara tidak langsung kadar hormon yang terkait rasa kenyang dan kepuasan akan meningkat. Hal inilah yang membuat Anda akan merasa lebih cepat kenyang, dan terhindar dari kebiasaan makan secara berlebih.

Penelitian lainnya menyebut jika mengunyah secara perlahan bisa meningkatkan jumlah kalori yang terbakar tubuh selama proses pencernaan. Bahkan angkanya bisa mencapai 10 ekstra kalori untuk setiap 300 kalori yang diasup.

Manfaat lainnya, menurut Meena Shah, profesor nutrisi dari Texas Christian University, kebiasaan mengunyah secara perlahan efektif meningkatkan aliran darah menuju lambung dan usus, sehingga bisa menghindarkan Anda dari risiko perut kembung, begah dan cegukan.

Walau begitu, Meena mengingatkan, selain memperhatikan kebiasaan mengunyah yang baik, sebaiknya Anda pun memperhatikan porsi dan menu makanan yang diasup. Menurutnya, dalam satu menu usahakan mengandung gizi lengkap, seperti serat, karbohidrat, vitamin dan mineral penting lainnya.

Sempurnakan juga pola makan yang baik ini dengan konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, istirahat dan olahraga secara teratur. Dengan cara ini, tubuh Anda pun akan lebih sehat dan berat badan pun akan lebih ideal.