CLOSE X
Kesungguhan hati demi yang terbaik dari alam.
Bolehkan Ibu Hamil Berpuasa di Bulan Ramadhan?

Bolehkan Ibu Hamil Berpuasa di Bulan Ramadhan?

Tips Kesehatan
Tips Kesehatan
Monday, 12 Jun 2017

Walaupun Ibu hamil sudah diberi dispensasi untuk tidak berpuasa selama bulan Ramadhan, tak sedikit faktanya tidak sedikit ibu hamil yang merasa sanggup menjalankan ibadah puasa. Bahkan tidak jarang mereka benar-benar mampu melaksanakannya.

Menurut medis, sebenarnya boleh nggak ibu hamil berpuasa?

Mengenai hal ini, selama kondisi kehamilan sehat dan Anda pun tidak mengalami keluhan berat, Ibu hamil masih diperbolehkan untuk tetap berpuasa. Tapi lain lagi jika Anda mengalami mual dan muntah berlebihan. Dalam kondisi ini sebaiknya Anda berhenti dulu berpuasa.

Menurut ahli kandungan, dr Taufik Jamaan, SpOG, jika Ibu hami terus-terusan mual dan muntah selama berpuasa, kondisi ini berisiko membuat Anda mengalami kekurangan nutrisi dan mengalami dehidrasi.

Padahal jika kita melihat proses pembentukan janin, trimester pertama merupakan masa yang sangat krusial, dimana saat ini jaringan saraf dan otak si kecil sedang dibentuk. Jika kekurangan nutrisi di awal kehamilan, kondisi ini bisa mengakibatkan kerugian jangka panjang bagi Si Kecil.

Lebih lanjut lagi, Taufik pun menyarankan Anda untuk memperhatikan asupan gizi, terutama saat makan sahur dan berbuka puasa. Kalau memang dibutuhkan, Anda bisa mengonsumsi suplemen khusus untuk Ibu hamil. Tapi ingat, untuk masalah ini sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

Mampu membakar lemak

Di sisi lain, Febriansyah Darus, selaku dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Kemang Medical Care, mengklaim jika berpuasa memiliki banyak manfaat untuk Ibu hamil, salah satunya untuk menurunkan berat badan dengan cara memaksimalkan proses pembakaran lemak di tubuh.

Selain itu, dalam penelitiannya, Febri menyebut jika berpuasa di bulan pertama kehamilan, memang dapat menyebabkan penurunan berat badan bayi saat mereka lahir. Tapi jangan khawatir, penurunan ini sangat kecil, bahkan hanya mencapai angka 40 gram saja.

Jelas angka penurunan berat badan bayi ini nggak berdampak besar bagi kesehatan janin. Justru sebaliknya, berpuasa memiliki banyak manfaat, salah satunya menurunkan risiko melahirkan bayi raksasa atau giant baby alias makrosomia.

So, selama Anda tidak memiliki keluhan apapaun, seperti sedang mengalami morning sickness, mual, muntah dan lainnya, Ibu hamil bisa berpuasa seperti biasa. Tapi jika Anda mengalami keluhan yang mengkhawatirkan, sebaiknya tunda keinginan untuk berpuasa.

Untuk meminimalisir risiko yang mungkin saja terjadi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter beberapa saat sebelum Anda mulai berpuasa di bulan Ramadhan.

KOMENTAR

BACK TO
TOP
Stay Connected

BE PART OF US

Daftarkan e-mail kamu dan dapatkan info / tips seputar susu dan kegiatan lainnya