Milk Lovers, susu UHT merupakan salah satu produk terbaik susu kemasan yang memiliki nutrisi khasiat hampir setara dengan susu murni, tapi kandungan bakteri patogen sudah dihilangkan. Hal inilah yang kemudian membuat susu UHT dinyatakan aman untuk dikonsumsi oleh balita, setelah mereka mendapatkan ASI .

Tapi ingat, walaupun aman dan memiliki kandungan gizi yang sangat baik, ternyata ada beberapa aturan yang harus dilakukan agar pemberian susu UHT ini maksimal. Kita simak yuk apa saja cara agar pemberian susu UHT ini bisa lebih maksimal untuk mendukung tumbuh kembang si kecil.

Usia 1 Tahun

Pastikan si kecil sudah berusia di atas satu tahun. Hal tersebut untuk memastikan si kecil mendapatkan asupan ASI yang maksimal, serta memastikan sistem pencernaannya siap menerima asupan lainnya selain ASI. Bahkan menurut Prof. Purwiyatno Hariyadi, Ph.D, selaku Direktur Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology, menyatakan jika susu UHT merupakan susu terbaik sebagai MPASI.

Pastikan Tidak Alergi

Beberapa anak terlahir dengan gen yang unik, dan bahkan memiliki alergi khusus terhadap susu sapi atau produk hewani lainnya. Untuk itu, pastikan si kecil tidak mengalami alergi dengan cara, melihat riwayat alergi keluarga, atau mencobanya beberapa hari, kemudian lihat reaksinya. Kalau timbul ruam merah di beberapa bagian, atau ketidaknyamanan lainnya, segera hentikan pemberian susu UHT.

Awali Yang Tanpa Rasa

Sebagai permulaan, sebaiknya Milk Lovers hanya memberikan susu UHT dengan rasa tawar. Jika ingin menambahkan varian rasa lainnya, coba ganti varian rasa ini seminggu sekali. Misalnya, Minggu pertama dengan rasa stroberi, Minggu kedua dengan rasa cokelat, Minggu ketiga dengan rasa vanilla, dan lainnya. Hal ini dilakukan agar si kecil bisa beradaptasi dulu dengan rasa.

Pastikan Kualitas Susu

Jangan pernah memberikan susu UHT dengan kemasan yang sudah rusak, atau tanggal kadaluwarsanya sudah habis. Selain itu, usahakan untuk tidak menyimpan susu UHT dalam kemasan terbuka. Kalau bisa, segera habiskan susu jika kemasannya sudah di buka. Jika si kecil tidak sanggup menghabiskannya, coba beli susu UHT dalam kemasan kecil.

Milk Lovers, susu UHT merupakan produk susu terbaik yang aman dikonsumsi oleh anak-anak. Tapi jika cara penyajiannya salah, maka manfaat besar tersebut bisa saja hilang. Ingat, selalu baca keterangan yang tertera dalam setiap kemasan susu UHT. Selamat menuju hidup sehat!