CLOSE X
Kesungguhan hati demi yang terbaik dari alam.
5 Manfaat Berpuasa untuk Si Kecil

5 Manfaat Berpuasa untuk Si Kecil

Tips Kesehatan
Tips Kesehatan
Tuesday, 20 Jun 2017

Milk Lovers, Si Kecil sebenarnya sudah bisa diajarkan berpuasa sejak usia 4 tahun. Tentu ini bukan tanpa alasan. Menurut Viramita, dokter spesialis anak Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, usia 4 tahun Si Kecil dinilai punya kemampuan fisik yang cukup untuk berpuasa.

Di sisi lain, mengajarkan Si Kecil berpuasa sejak dini pun memiliki sejumlah manfaat. Mau tahu apa saja? Berikut merupakan 5 manfaat jika Si Kecil belajar berpuasa sejak dini.

Melatih Mengendalikan Emosi

Dengan berpuasa, Si Kecil akan dilatih untuk disiplin waktu, mulai dari bangun dini hari untuk makan sahur, berbuka puasa saat Maghrib, salah tarawih dan lainnya. Selain itu, mereka pun akan dididik untuk jujur, dan mengendalikan diri dengan menahan rasa haus dan lapar.

Rangkaian pembelajaran ini akan membuat Si Kecil menjelma menjadi pribadi yang tangguh, tidak cengeng dan mampu membedakan mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh untuknya.

Mendekatkan Pada Agama

Agama merupakan pondasi utama untuk kehidupan masa depan Si Kecil. Dengan pondasi Agama yang kuat, Si Kecil akan menjelma menjadi manusia yang berkepribadian luhur.

Dengan berpuasa, Si Kecil akan belajar menjalankan perintah Tuhan secara penuh, dan menyakini keberadaan-Nya. Selain itu, Si Kecil pun akan belajar melatih kesabaran dan ikhlas dalam menjalankan perintah Allah.

Mengajarkan Rasa Empati

Empati merupakan sifat positif yang harus dimiliki Si Kecil. Sifat ini sebenarnya bisa dibangun sejak dini dari kebiasaan yang dilakukan sehari-hari, salah satunya dengan berpuasa.

Dengan berpuasa, Si Kecil akan mulai belajar untuk merasakan bagaimana penderitaan mereka yang kurang beruntung, melatih Si Kecil untuk lebih menghargai makanan dan minuman, mengajarkan untuk memberi manfaat kepada orang lain, sekaligus menjadikan Si Kecil lebih peduli pada lingkungan.

Tubuh Lebih Sehat

Banyak penelitian yang membuktikan jika puasa sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Selain itu, puasa pun merupakan kesempatan terbaik buat mereka yang sedang diet, menurunkan kolesterol dan menyeimbangkan kadar gula darah.

Menariknya, segala manfaat yang diberikan puasa tidak hanya berlaku untuk orang dewasa saja, tapi berlaku juga bagi anak-anak.

Melatih Kesabaran

Kebanyakan anak-anak memiliki tingkat kesabaran yang tergolong buruk. Misalnya, saat mereka ingin dibelikan mainan, mereka akan cenderung memaksa untuk dibelikan hari itu juga.

Dengan berpuasa, Si Kecil akan belajar bagaimana mengendalikan diri dan bersabar untuk mendapatkan hal yang jauh lebih indah di kemudian hari. Misalnya, mereka harus bersabar menunggu adzan Mahgrib untuk bisa mencicipi hidangan lezat yang Anda sajikan.

KOMENTAR

BACK TO
TOP
Stay Connected

BE PART OF US

Daftarkan e-mail kamu dan dapatkan info / tips seputar susu dan kegiatan lainnya