Bulan puasa segera tiba, itu artinya harus ada takjil di rumah, Milk Lovers! Ada banyak sekali jenis takjil dan salah satu yang mudah untuk disiapkan adalah es cendol. Bagaimana kalau membuat es cendol dengan susu? Pasti menyegarkan sekaligus menyehatkan. Ini dia resep es cendol dengan susu yang bisa dipraktekkan di rumah.

Bahan cendol:

Tepung beras 100 gram, tepung sagu 25 gram, susu 500 ml, pasta pandan 1 sdm, air es 2 liter, nangka secukupnya, dan es batu secukupnya.

Bahan kuah:

Susu 1 liter, gula pasir 150 gram, daun pandan 1 lembar, dan garam ΒΌ sdt

Cara membuat cendol:

Siapkan bahan cendol. Campur tepung beras, tepung sagu, susu, dan pasta pandan. Aduk terus hingga semua bahan tercampur dengan rata. Setelah semua bahan cendol tercampur rata, siapkan cetakan cendol. Milk Lovers bisa membeli cetakan tersebut di pasar tradisional atau toko yang menjual berbagai alat masak. Siapkan pula air es dalam wadah. Kemudian, tekan-tekan adonan ke cetakan cendol tersebut. Tampung cendol yang keluar dari cetakan ke dalam air es yang sudah disiapkan tadi. Lakukan terus hingga adonan cendol habis. Setelah adonan cendol habis, tiriskan cendol yang sudah jadi.

Cara membuat kuah cendol:

Setelah cendol siap, kini saatnya membuat kuahnya. Caranya sangat mudah. Campur semua bahan kuah dalam panci kemudian didihkan. Jangan lupa terus mengaduk campuran kuah ini saat proses pemasakkan. Jika sudah mendidih matikan kompor kemudian diamkan sebentar hingga uap panasnya berkurang.

Sembari menunggu kuah dingin, Milk Lovers bisa menyiapkan gelas saji. Isi gelas saji tersebut dengan cendol, nangka dan es batu. Setelah itu, tuangkan kuah susu yang sudah dingin tadi. Es cendol dengan susu yang menyehatkan siap disajikan saat waktu berbuka tiba.

Es cendol dengan kuah susu ini bisa disajikan untuk semua usia baik orang tua ataupun anak-anak. Rasanya segar dan kenyal. Selain itu, es cendol ini cocok untuk takjil karena rasanya yang manis.

Dengan mengkonsumsi es cendol susu ini, energi yang terkuras selama puasa bisa tergantikan. Dengan satu resep di atas, Milk Lovers bisa membuat setidaknya 4 porsi es cendol susu untuk keluarga. Milk Lovers bisa membuat cendolnya terlebih dahulu kemudian masukkan dalam lemari es. Kuah bisa disiapkan beberapa jam sebelum waktu berbuka sehingga ketika waktu berbuka datang, es cendol kuah susu ini bisa langsung disantap.